Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Mei 2022 07:47 WIB

TRAVEL NEWS

Puncak Arus Balik, 500 Penerbangan Tiba di Bandara Soetta Hari Ini

Tim detikcom
detikTravel
Bandara Kualanamu hingga Soekarno-Hatta ramai oleh penumpang pesawat yang hendak melakukan perjalan di puncak arus balik lebaran. Seperti apa potretnya?
Ilustrasi arus balik (Antara Foto)
Jakarta -

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan sebanyak 500 penerbangan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, pada puncak arus balik lebaran, Minggu (8/5/2022).

"Untuk kedatangan saja ada sekitar 500 penerbangan yang datang hari ini," kata Novie dalam jumpa pers di pintu kedatangan Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta seperti dikutip dari CNN.

Selain itu, Novie mengatakan penumpang di Bandara Soetta bisa mencapai 150 ribu per hari ini, dengan jumlah total penerbangan kurang lebih 1.135. Sementara sisanya 635 merupakan penerbangan keberangkatan dari Soetta.

"Sesuai prediksi dan hitung-hitungan yang sudah dilakukan, tanggal 8 ini peak ya untuk transportasi udara, di mana hari ini penumpang secara keseluruhan di Soekarno-Hatta ini mencapai kurang lebih bisa mencapai 150 ribu penumpang dan penerbangan atau movement dari penerbangan itu kurang lebih 1.135," ujarnya.

Melihat tingginya angka penumpang yang datang pada hari ini, Novie mengatakan Kemenhub berfokus tak hanya pada penumpang.

"Kita fokus tidak hanya kepada penumpang, tapi kita juga fokus pada pelayanan bagasi penumpang. Kemarin dikeluhkan ada beberapa pelayanan bagasi yang terlambat, diharapkan hari ini bisa lebih baik lagi," katanya.

Dalam mengatasi keterlambatan bagasi itu, dia menambah peralatan baggage landing system sebanyak 50 persen, dari awalnya delapan menjadi 12.

Selain itu, Novie mengatakan Kemenhub memastikan kesehatan pesawat udara, kru, dan semua yang terlibat dalam arus balik perjalanan udara.



Simak Video "60% Pemudik Belum Balik, Kemenhub Sarankan Tunda Kepulangan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA