Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Mei 2022 09:12 WIB

TRAVEL NEWS

Hukuman Deportasi Bikin Bule Nakal di Bali Jera?

Jakarta -

Akhir-akhir ini makin banyak kasus turis asing yang bikin ulah di Bali. Terbaru seorang WNA asal Rusia bikin heboh karena berpose tanpa busana di sebuah pohon keramat di Bali.

Akibat ulahnya itu, WNA tersebut dideportasi dan dimasukkan ke dalam daftar hitam. Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan pemerintah diwakili Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah memberikan sanksi tegas terhadap turis asing tersebut dengan mendeportasi karena melanggar Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian, yakni membahayakan ketertiban umum dan tidak menghormati peraturan yang berlaku.

"Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan, pemberian sanksi deportasi tersebut agar menjadi pelajaran bagi seluruh wisatawan. Wisatawan yang datang ke Bali harus menghormati budaya Bali, menjaga citra pariwisata Bali, serta menjaga martabat bangsa Indonesia dengan budayanya," ujar Sandiaga.

Atas kejadian turis asing bikin ulah tersebut kita harus dapat mengambil pelajaran. "Kita perlu melakukan langkah preventif atau pencegahan agar ke depan tidak terulang kembali. Untuk ini kita harus gencar memberikan informasi maupun mengedukasi wisatawan agar mentaati peraturan yang berlaku di tempat wisata, termasuk menghormati adat istiadat masyarakat setempat," papar Sandiaga.

Sandiaga juga meminta para pengelola wisata senantiasa meningkatkan pengawasan dengan bekerjasama pihak keamanan (polisi) dan masyarakat adat. Rencananya Bali akan punya papan peringatan Do's and Don'ts.

"Kita semua tahu di Indonesia telanjang itu tidak biasa, tapi buat mereka itu biasa. Oleh sebab itu, kita akan buat do's & don'ts di tempat keramat," ujar Sandiaga.

"Daerah keramat di Bali kan banyak sekali, mungkin ga semuanya pakai tanda do's & don'ts. Jadi kita siapkan juga sosialisasi dalam banyak bahasa, bukan cuma bahasa Inggris," jelasnya.

Sosialisasi juga akan dilakukan pada komunitas yoga. Belakangan ini diketahui bahwa bule yang telanjang di pohon sakral juga masuk dalam komunitas yoga. "Kita juga akan sosialisasi ke komunitas yoga internasional," katanya.

(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA