Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Mei 2022 14:12 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Negara dengan Biaya Pembuatan Paspor Termahal, RI Lumayan Murah Nih

Putu Intan
detikTravel
London, England - August 30, 2016: An editorial stock photo of a collection of British Passports. Photographed isolated on a white background. Photographed using the Canon EOS 5DSR
Ilustrasi paspor. Foto: iStock
Jakarta -

Ketika mengajukan pembuatan paspor, ada biaya yang harus kita bayar. Di negara seperti Lebanon, Suriah, bahkan Australia, biayanya bisa mahal banget.

Di Indonesia, biaya pembuatan paspor berbeda tergantung jenis paspornya. Untuk paspor biasa dengan 48 halaman, biayanya adalah Rp 350 ribu. Sedangkan paspor elektronik dengan 48 halaman biayanya Rp 650 ribu.

Biaya pembuatan paspor di Indonesia termasuk murah bila dibandingkan negara lain. Misalnya Amerika Serikat, biaya pembuatan paspor adalah USD 165 atau hampir Rp 4 juta dan biaya perpanjangannya adalah USD 130 (sekitar Rp 1,89 juta).

Kemudian di Inggris, untuk pengajuan paspor online dikenakan biaya 75,50 poundsterling (sekitar Rp 1,38 juta). Lalu di Prancis, biayanya tak jauh beda yakni USD 90 (sekitar Rp 1,3 juta).

Akan tetapi harga-harga tersebut ternyata belum seberapa dengan biaya yang ditetapkan di Lebanon. Negara ini mematok biaya sangat mahal untuk warganya yang ingin pergi ke luar negeri.

Dikutip dari CNN, untuk mengajukan pembuatan paspor, orang Lebanon harus membayar 1.200.000 pound Lebanon atau setara Rp 11,6 juta. Akan tetapi biaya pembuatan paspor untuk ekspatriat justru lebih murah yakni Rp 8,7 juta.

Negara lain yang biaya pembuatan paspornya juga mahal adalah Suriah. Orang Suriah harus membayar USD 300 (Rp 4,36 juta) untuk sebuah paspor.

Paspor Suriah berlaku selama 6 tahun. Sayangnya, paspor ini termasuk yang terlemah di dunia dengan menempati urutan ke-110 dari 112 negara.

Negara selanjutnya yang biaya pembuatan paspornya mahal adalah Australia di mana orang harus membayar AUD 308 (Rp 3,2 juta).

Kemudian ada juga negara Kuba yang biaya pembuatan paspornya mencapai 2.500 peso Kuba (Rp 1,5 juta). Paspor Kuba memiliki masa berlaku selama 6 tahun tetapi diperbarui setiap 2 tahun. Biaya pembaruannya adalah 500 peso Kuba (Rp 290 ribu).



Simak Video "Tanggapan Pihak Imigrasi Jaksel soal Antre Layanan Paspor dari Subuh "
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA