Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 11 Mei 2022 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

6 Spesies Katak Baru Ditemukan di Meksiko, Imut Banget!

Spesies Katak Baru di Meksiko
Foto: Spesies katak baru di Meksiko (dok. University of Cambridge)
Mexico City -

Tim peneliti dari Inggris berhasil menemukan 6 spesies katak baru di Meksiko. Ukuran mereka sangat mungil. Panjangnya saja cuma 15 milimeter. Penasaran?

Tim peneliti gabungan dari University of Cambridge, Natural History Museum London dan University of Texas at Arlington berhasil menemukan 6 spesies katak baru di Meksiko.

Semua spesies katak yang baru ditemukan itu berukuran mini. Ada yang berukuran 19 milimeter, sementara yang terkecil cuma berukuran 15 milimeter. Itu pun sudah terhitung sebagai individu dewasa.

"Sampai sekarang, spesies baru ini masih belum diberi perhatian karena ukurannya yang kecil, berwarna cokelat dan mirip dengan spesies katak lainnya," ungkap Tom Jameson, peneliti dari Departemen Zoologi University of Cambridge, seperti dikutip dari CNN, Rabu (11/5/2022).

Menurut Jameson, spesies katak baru itu masih misterius. Mereka hidup di lantai hutan di Meksiko. Para peneliti masih belum mengetahui bagaimana perilaku sosial mereka.

Satu fakta yang diketahui oleh para peneliti adalah, katak-katak yang baru ditemukan ini tidak mengalami fase kecebong, melainkan dari telur langsung jadi katak mini lalu jadi katak dewasa.

Sementara kita tahu, katak mengalami fase metamorfosis. Dari telur, mereka akan berubah menjadi kecebong, lalu katak berekor dan akhirnya menjadi katak dewasa.

Namun untuk kasus 6 spesies katak dari Meksiko ini tidak. Sungguh menarik sekali fenomena ini bagi para ilmuwan.

Meski baru ditemukan, spesies katak ini termasuk dalam satwa yang terancam punah karena tempat hidup mereka berada di sisi bukit yang spesifik, belum lagi area hidup mereka yang sempit dan terbatas.

Apabila area itu hilang, maka spesies katak baru ini akan menghilang juga. Saat ini tim peneliti bekerja sama dengan NGO dan pemerintah Meksiko sedang mengusahakan konservasi untuk spesies katak ini.



Simak Video "Meksiko Diguncang Gempa M 7,6, Warga Berhamburan!"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA