Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Mei 2022 14:54 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Kisah di Balik Wisata Air Terjun Elong Tune di Lantan

Ahmad Viqi
detikTravel
Lokasi  wisata Air Terjun Elong Tune yang memikat hati pengunjung Sirkuit Motor Cross 459 Lantan di Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
Foto: Ahmad Viqi
Jakarta -

Nama Elong Tune berarti ekor ikat sidat. Dalam Bahasa Sasak, 'Elong' berarti ekor. Sementara kata 'Tune' berarti ikan Sidat yang kerap ditemukan di muara air tawar.

Dia air terjun ini berlokasi di sekitar satu kilometer lokasi Sirkuit Motor Cross 459 Lantan yang baru diresmikan oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah. Konon, Elong Tune ditemukan pertama kali oleh seorang petani dari Desa Lantan sekitar tahun 1995. Mereka melihat ekor sidat yang berukuran besar.

"Mereka sedang menggarap sawahnya yang berdekatan dengan lokasi air terjun, tiba-tiba melihat ekor ikan sidat berwarna putih di muara dua air terjun itu," tutur Ketua Pengelola Air Terjun Elong Tune Desa Lantan Roni Harjan kepada detikBali, Selasa (10/5/2022).

Ekor sidat yang ditemukan dua petani ersebut memiliki ukuran yang sangat besar dan tidak seperti pada umumnya. Ekornya tersebut keluar dari bebatuan air terjun dan lantas membuat kedua petani terkejut.

Warga yang biasa memancing pun membenarkan keberadaan ikan sidat d muara air terjun. Menurut pemancing tersebut, memang sering ada penampakan ekor sidat di air terjun.

"Nah sejak kejadian tersebut masyarakat sekitar memberi nama air terjun tersebut dengan nama air terjun Elong Tune," kata Roni.

---

Artikel ini telah tayang di detik Bali, klik di sini



Simak Video "Gaya Jokowi Tinjau Bandara Lombok Tengah Jelang MotoGP Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA