Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 12 Mei 2022 11:36 WIB

TRAVEL NEWS

Ternyata Ini yang Bikin Orang Belanda Badannya Jangkung

Putu Intan
detikTravel
Cucu Jokowi, Sedah Mirah Nasution ikut menyambut Raja Willem dan Ratu Máxima di Istana Bogor.
Presiden RI Joko Widodo dan Raja Belanda Willem-Alexander. Foto: Andhika
Jakarta -

Dahulu, orang Belanda termasuk yang terpendek di Eropa. Karena perbaikan kualitas kesehatan hingga konsumsi susu, sekarang badannya jangkung-jangkung.

Belanda dikenal sebagai negara raksasa karena tinggi badan masyarakatnya di atas rata-rata. Pada tahun 2020, tinggi rata-rata pria Belanda adalah 182,5 cm sementara untuk perempuan tingginya 168,7 cm.

Orang-orang Belanda tercatat mulai meninggi dalam kurun waktu 160 tahun terakhir. Menurut penelitian yang diterbitkan Royal Society of London, pada pertengahan 1800-an, tentara Belanda rata-rata tingginya masih 165 cm. Itu artinya, badan orang Belanda bertumbuh sekitar 20 cm.

Peneliti pun penasaran dengan faktor yang menyebabkan pertumbuhan itu. Menurut Profesor Louise Barret dari Universitas Lethbridge, Kanada, pertumbuhan ini bukan disebabkan genetik.

"Pertumbuhan ini terlalu cepat jika hanya disebabkan efek genetik," katanya seperti dikutip dari BBC.

Jika mengikuti genetik, orang Belanda berbadan tinggi karena ayah dan ibu mereka juga tinggi. Namun berdasarkan temuan Profesor Barret, pasangan yang memiliki banyak anak di Belanda justru adalah pria jangkung yang menikah dengan perempuan dengan tinggi rata-rata.

Barret lebih tertarik melihat faktor lingkungan sebagai penyebab jangkungnya orang Belanda. Kata Barret, sistem perawatan kesehatan Belanda yang baik, tingkat ketimpangan pendapatan yang rendah, dan sistem kesejahteraan sosial yang sangat baik menjadi faktor yang membuat tubuh mereka tinggi.

"Di Belanda, semua hal mengarah pada terbentuknya bayi berkualitas tinggi yang kemudian tidak mengalami hal-hal yang akan mengurangi tinggi badan," kata dia.

"Setiap kali tubuh meningkatkan respon imun, tubuh akan kehilangan energi yang seharusnya bisa digunakan untuk pertumbuhan," ujarnya lagi.

Selain itu, susu juga memegang peran penting bagi tumbuh tingginya orang Belanda. Negara itu dikenal sebagai produsen dan konsumen susu yang besar di Eropa.

Penelitian menunjukkan, konsumsi susu berkontribusi pada peningkatan tinggi badan mereka.

"Kalsium membangun tulang dan pertumbuhan bergantung pada ketersediaan kalsium," ujarnya.



Simak Video "Rel Trem Kuno di Proyek MRT Fase 2 Disebut Tertua di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA