Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Mei 2022 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Syarat Naik Pesawat Bulan Mei 2022, Tolong Dicatat Ya!

Tim detikcom
detikTravel
Bandara Kualanamu hingga Soekarno-Hatta ramai oleh penumpang pesawat yang hendak melakukan perjalan di puncak arus balik lebaran. Seperti apa potretnya?
Foto: Ilustrasi (Antara Foto)
Jakarta -

Pesawat masih jadi moda transportasi pilihan traveler. Sebelum terbang, ada baiknya mengecek lagi syarat naik pesawat bulan Mei 2022. Tolong dicatat ya!

Dengan semakin dilonggarkannya pembatasan terkait COVID-19, syarat naik pesawat sekarang jadi lebih mudah. Seperti halnya naik kereta api, traveler yang sudah suntik vaksin booster tidak diwajibkan menyerahkan hasil tes COVID-19.

Sementara untuk traveler yang baru mendapatkan dosis pertama vaksinasi, harus menyerahkan hasil negatif dari tes PCR dalam kurun waktu 3x24 jam.

Sementara bagi yang mereka sudah suntik vaksin kedua, cukup membawa antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan atau hasil tes PCR maksimal 3x24 jam.

Pelaku perjalanan usia 6-17 tahun dan telah menerima vaksin dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif rapid test antigen, namun wajib melampirkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua.

Calon penumpang harus memastikan sertifikat vaksinasi dan/atau hasil tes telah tersedia di aplikasi Peduli Lindungi dan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) melalui aplikasi Peduli Lindungi sebelum penerbangan.

Pelaku perjalanan usia di bawah 6 (enam) tahun dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksin harus melampirkan surat keterangan dokter mengenai kondisinya dari Rumah Sakit Pemerintah dan wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam.



Simak Video "Ini Syarat Terbaru Naik Lion Air, Citilink, dan Garuda Saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA