Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Mei 2022 20:45 WIB

TRAVEL NEWS

Nglanggeran Juara Desa Terbaik Dunia, Kini Jadi Tujuan Studi Banding

Eko Susanto
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno saat memberikan keterangan kepada wartawan di Borobudur, Magelang, Senin (16/5/2022) malam.
Foto: Eko Susanto/detikjateng
Jakarta -

Homestay maupun hotel di sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, penuh pengunjung saat puncak peringatan Waisak 2022 kemarin. Padatnya wisatawan bahkan membuat rombongan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menginap di Balkondes (balai ekonomi desa) Karanganyar karena tak kebagian penginapan.

Selain kawasan Borobudur, Indonesia juga memiliki desa wisata Nglanggeran, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul yang mendapat predikat sebagai desa wisata terbaik di dunia dari UNWTO. Bagaimana kondisi kunjungan wisata di Nglanggeran?

"Ya desa wisata Nglanggeran di Gunungkidul ini adalah juara dunia tahun lalu berhasil menembus desa wisata terbaik menurut UNWTO. Dan mereka memang secara konsisten menerapkan pariwisata berkelanjutan," kata Sandiaga di Candi Borobudur, Selasa (17/5/2022).

Menurut Sandi, keberadaan Desa Nglanggeran ini selama libur Lebaran juga dipenuhi kunjungan wisatawan. Desa tersebut karena menjadi juara dunia juga banyak menjadi lokasi studi banding dari desa wisata lainnya.

"Sekarang karena mereka menjadi juara dunia, menjadi tempat studi banding atau studi tiru. Sehingga banyak dari desa wisata-desa wisata seluruh Indonesia datang ke Nglanggeran. Mereka konsisten sekarang mendapatkan limpahan kunjungan dan tingkat keterisian sangat tinggi di atas 70-80 persen," tegas Sandi.

Sebelumnya diberitakan, perayaan Waisak di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, membawa berkah bagi pengelola hotel dan homestay. Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, kemarin malam.

Baca berita selengkapnya di sini.



Simak Video "Ijtima Ulama di Jogja Dukung Sandiaga Jadi Capres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Eureka!
×
Rahasia Borobudur
Rahasia Borobudur Selengkapnya