Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Mei 2022 20:45 WIB

TRAVEL NEWS

Dulu Sepi, Plunyon Jadi Ramai Karena KKN Desa Penari

Jauh Hari Wawan
detikTravel
Sleman -

Film KKN Desa Penari mengambil lokasi syuting di Plunyon, Sleman. Siapa sangka, dulunya sepi kini jadi ramai karena jadi lokasi syuting KKN Desa Penari.

Jembatan Plunyon Kalikuning, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menjadi salah satu lokasi syuting film horor yang tengah booming, KKN di Desa Penari. Plunyon merupakan destinasi wisata alam di lereng Gunung Merapi.

Destinasi wisata Plunyon ini berjarak sekitar 2 jam dari pusat Kota Jogja. Pengunjung akan dimanjakan dengan panorama perbukitan hijau dengan deretan pohon pinus dan udara segar khas pegunungan.

Pengunjung juga bisa menikmati gagahnya Gunung Merapi ketika cerah. Selain itu pengunjung juga bisa merasakan segarnya air yang mengalir langsung dari mata air bernama Umbul Wadon.

Kebanyakan wisatawan datang dengan alasan penasaran. Salah satunya yakni Purnananda (28) warga Banguntapan, Bantul. Dia bersama temannya datang ke Plunyon setelah melihat film KKN di Desa Penari.

"Ya penasaran aja. Kemarin lihat di film itu, jadi mumpung luang ke sini saja," kata Purnananda ditemui di Plunyon, Rabu (18/5/2022).

Dia mengaku baru kali pertama ini datang ke Plunyon. Menurutnya destinasi wisata ini bisa jadi alternatif selain Kaliadem.

"Jembatan itu dibangun tahun 1982-83 yang bangun warga sini dan difungsikan sebagai jembatan dan irigasi. Ada dua jembatan, panjang total sekitar 700 meter," kata salah seorang pengelola Kalikuning Park, Sargiman, ditemui di lokasi, Rabu (18/5/2022).

Meledaknya film KKN di Desa Penari ini pun membawa berkah tersendiri untuk destinasi wisata Plunyon. Kini mulai banyak wisatawan yang berkunjung.

"Kalau peningkatannya itu hampir 80 persen dari dulu sekarang itu hampir 80 persen. Misalnya per hari ada 50 sekarang tambahnya hampir 100 orang," ujarnya.

***
Baca berita selengkapnya di sini.

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA