Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Mei 2022 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Ternyata, Kucing Tahu Nama Teman Serumahnya

Femi Diah
detikTravel
Kucing
Foto: Getty Images/iStockphoto/w-ings
Jakarta -

Sebuah studi menunjukkan kucing memiliki kemampuan pengenalan bahasa. Termasuk, menghafal nama-nama teman yang tinggal dalam satu rumah.

Dikutip dari People, Senin (23/5/2022), penelitian itu dilakukan oleh Universitas Kyoto dan diterbitkan dalam Scientific Reports. Para ilmuwan menunjukkan kucing peliharaan yang tinggal di rumah dan kucing yang tinggal di kafe kucing saling mengetahui nama layaknya manusia.

Penelitian dilakukan dengan memutar rekaman audio pemiliknya yang menyebut nama kucing di foto kucing lain. Kucing-kucing yang diteliti menunjukkan reaksi berbeda saat merespons kucing yang dikenalnya dan kucing yang tidak dikenal.

Para peneliti menemukan bahwa kucing peliharaan menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat gambar dan audio ketika audio salah mengidentifikasi kucing yang dikenal. Sebaliknya, kucing merespons lebih cepat saat audio dan kucing dipanggil dengan nama yang tepat.

Penulis penelitian menyimpulkan perilaku itu mungkin terjadi karena kucing mengharapkan nama yang benar dan bingung ketika salah menyebut nama.

Selain itu, penelitian tersebut menemukan bahwa kucing yang telah tinggal bersama keluarga dalam tempo yang lebih lama lebih cenderung menatap foto kucing yang salah diidentifikasi lebih lama. Namun, kucing yang tinggal di kafe tidak menunjukkan perilaku yang sama.

"Sementara kucing rumahan mungkin belajar dengan mengamati reaksi kucing tertentu yang namanya dipanggil, kucing kafe lebih cenderung mendengar nama yang berbeda dipanggil oleh tamu yang berbeda, membuat pembelajaran seperti itu lebih sulit," tulis para penulis.

Para ilmuwan percaya jumlah kucing di rumah mungkin berperan dalam kemampuan kucing untuk mengingat nama.

"Jumlah kucing yang hidup bersama mungkin memiliki pengaruh, karena lebih banyak kucing mungkin berarti lebih sedikit kesempatan untuk mempelajari hubungan identitas-nama kucing tertentu," para peneliti menjelaskan.

Penulis penelitian masih tidak yakin bagaimana kucing dapat mengingat nama-nama kucing lain di rumah mereka.

"Masih menjadi pertanyaan terbuka bagaimana kucing mempelajari nama dan wajah kucing lain," tulis para ilmuwan.



Simak Video "Kisah Bu Menon Bukan Pengemudi Ojol Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA