Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Mei 2022 10:04 WIB

TRAVEL NEWS

Rowo Bayu Viral, Sandiaga Manfaatkan untuk Ngegas Wisata Banyuwangi

Rowo Bayu Banyuwangi
Rowo Bayu Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Jakarta -

Rowo Bayu, sebuah danau di Desa Bayu, Banyuwangi menjadi perbincangan usai film KKN di Desa Penari tayang di bioskop. Pemerintah akan memanfaatkan Rowo Bayu secara maksimal demi wisata Banyuwangi.

"Viralnya cerita KKN di Desa Penari ini tentu akan kami manfaatkan semaksimal mungkin. Terutama untuk mempromosikan potensi-potensi wisata yang ada di
Jawa Timur, khususnya di Banyuwangi," ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam pernyataannya, yang dikutip, Selasa (24/5/2022).

Sandiaga menambahkan Banyuwangi ini memiliki banyak desa-desa wisata, bahkan ada Desa Osing Kemiren yang sudah merupakan desa wisata bertaraf internasional.

Desa Kemiren, Kecamatan Glagah menyabet penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Desa itu meraih juara tiga untuk kategori desa wisata maju di ajang Lomba Desa Wisata Nusantara 2019.Desa Kemiren, Kecamatan Glagah menyabet penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Desa itu meraih juara tiga untuk kategori desa wisata maju di ajang Lomba Desa Wisata Nusantara 2019. Foto: Ardian Fanani

"Dari informasi yang saya peroleh, Rowo Bayu ini berada di Desa Bayu. Jadi kita bisa memanfaatkan potensi yang ada di desa ini untuk dipromosikan, sehingga bisa menjadi destinasi wisata yang mendatangkan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat setempat," ujarnya.

Rowo Bayu, Tempat Angker Yang Merupakan Lokasi Perang Puputan BayuRowo Bayu, Tempat Angker yang Merupakan Lokasi Perang Puputan Bayu Foto: Ardian Fanani

Adapun peluang untuk membuat destinasi wisata terkait hal ini dikembalikan lagi pada kebijakan Kepala Daerah-nya apakah ini kemudian akan dijadikan peluang
untuk daerah wisata, yang pasti dari Kemenparekraf akan mendukung setiap daerah dalam rangka pengembangan pariwisata.

"Tentunya kami juga akan bekerja sama dengan pemerintah daerah terkait untuk menyusun do's & don'ts yang sesuai dengan tradisi dan budaya setempat.

Rowo Bayu BanyuwangiRowo Bayu Banyuwangi Foto: Ardian Fanani/detikJatim

Sandiaga melanjutkan, pihaknya tengah mempertimbangkan untuk mengembangkan potensi keberadaan petilasan-petilasan di Indonesia.

"Karena petilasan-petilasan ini kerap dikunjungi oleh wisatawan yang ingin merasakan sensasi wisata spiritual. Jadi ini akan kami dorong dan kami pertimbangkan pengembangannya dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan juga elemen-elemen masyarakat desa. Namun demikian, hal tersebut tentu kembali lagi pada kebijakan Kepala Daerah-nya masing-masing untuk pengembangan kawasan wisatanya," ujarnya.



Simak Video "Menelusuri Rowo Bayu yang Dikaitkan dengan KKN di Desa Penari"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA