Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Mei 2022 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Jalak Bali Si Burung Setia, Pasangan Cuma Satu Sehidup Semati

Putu Intan
detikTravel
Keberadaan jalak Bali sempat dinyatakan hampir hilang akibat perburuan dan konversi lahan di Pulau Dewata. Burung cantik ini pun masuk dalam daftar satwa langka
Foto: Dedy Istanto/Detikcom
Jakarta -

Kesetiaan pada pasangan dapat kita pelajari dari jalak bali. Burung endemik Bali ini hanya memiliki satu pasangan sampai mereka mati.

Jalak bali (Leucopsar rothschildi) merupakan burung cantik yang punya ciri khas bulu berwarna serba putih, kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam. Selain itu, pelupuk matanya yang berwarna biru juga makin membuatnya memesona.

Jangan lupa soal jambulnya yang menjadi ciri khasnya. Baik jalak bali jantan maupun betina sama-sama memiliki jambul. Bedanya, milik jalak bali betina lebih pendek dibandingkan yang jantan.

Jalak bali juga dikenal sebagai burung yang lincah. Burung ini kerap menari-nari di atas kolam dan hobi berkicau.

Untuk posisi dalam rantai makanan, jalak bali tergolong sebagai predator. Ia merupakan omnivora yang memakan satwa lain seperti ulat dan bagian tumbuhan seperti nektar.

Namun dari semua ciri jalak bali ini, ada satu prinsip hidup jalak bali yang dapat kita pelajari. Jalak bali bereproduksi secara monogami. Artinya, ia hanya berkembangbiak dengan satu pasangan.

Jalak bali umumnya kawin di musim hujan. Jalak bali jantan akan menarik perhatian betina yang ia suka dengan cara menganggukkan kepala sembari berkicau.

Jalak bali jantan akan menghampiri betina itu dan jambulnya akan mekar. Bila jalak bali betina juga tertarik, ia akan mengangguk dengan posisi berhadapan.

Bila sudah kawin, dua sejoli ini akan membuat sarang. Mereka termasuk pasangan yang menjaga privasi, apalagi jalak bali jantan juga tak segan mengusir siapapun yang mengganggu teritorinya. Itu karena di sana ada pasangan dan anak-anaknya.

Selain setia, jalak bali juga dikenal kompak dalam membesarkan anak. Mereka akan bekerja bersama membuat sarang dan bergantian ketika mencari makan dan mengerami telur.

Saat ini, jalak bali merupakan satwa yang terancam punah. Namun kamu yang penasaran dengan sosok jalak bali dapat datang langsung ke Taman Nasional Bali Barat di Buleleng, Bali.

Salah satu lokasi yang dapat kamu kunjungi adalah Bali Starling Sanctuary dari Plataran Menjangan Resort and Spa. Di sana jalak bali dikembangbiakkan sampai nanti akan dilepaskan ke alam liar.



Simak Video "Menelusuri Filosofi Kehidupan di Trail of Life Plataran Menjangan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA