Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 26 Mei 2022 18:27 WIB

TRAVEL NEWS

Hore! Panda yang Dibiakkan dan Lahir di Malaysia Punya Nama Kini

Femi Diah
detikTravel
Sheng Yi, a female panda, is seen inside the panda enclosure at the National Zoo in Kuala Lumpur, Malaysia, Wednesday, May 25, 2022. The third cub of Giant Panda couple Xing Xing and Liang Liang from China has been finally given a name - Sheng Yi, means peace and friendship. Sheng Yi turns one year old on May 31.  (AP Photo/Vincent Thian)
Panda Sheng Yi (AP/Vincent Thian)
Kuala Lumpur -

Bayi panda raksasa ketiga yang dibiakkan secara lokal dan lahir pada Mei tahun lalu di Malaysia akhirnya diberi nama secara resmi. Sheng Yi yang berarti damai dan persahabatan.

Dikutip dari Antara, Kamis (26/5/2022), nama tersebut juga menunjukkan keinginan pemerintah Malaysia dalam memperkuat hubungan diplomatiknya dengan China.

"Pemerintah Malaysia berharap Sheng Yi dapat membantu memperkuat dan meningkatkan hubungan antara Malaysia dan China yang telah terjalin," kata Takiyuddin yang hadir dalam upacara pemberian nama tersebut bersama Duta Besar China untuk Malaysia Ouyang Yujing di Pusat Konservasi Panda Raksasa di Kebun Binatang Negara.

Setelah tiba di Malaysia pada 2014, Xing Xing dan Liang Liang melahirkan Nuan Nuan, bayi panda raksasa pertama yang lahir di Negeri Jiran, pada 18 Agustus 2015 dan Yi Yi, bayi panda raksasa kedua, pada 14 Januari 2018.

Namun, panda Nuan Nuan dikembalikan ke China pada November 2017 setelah berusia dua tahun.

Bayi panda menggemaskan yang gemar memanjat pohon itu menunjukkan kegembiraan dan ketertarikan yang besar pada spanduk yang bertuliskan namanya.

Saat upacara pemberian nama, Sheng Yi tampil di depan publik bersama induknya, Liang Liang, dan menikmati pesta bambu segar yang mewah.


Sebagai bayi panda ketiga dari induk betina Liang Liang dan induk jantan Xing Xing, Sheng Yi lahir pada 31 Mei 2021, bertepatan dengan 47 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara China dan Malaysia.

Dengan berat badan saat ini sekitar 27 kg dan kondisi fisik yang sehat, bayi panda raksasa itu mulai tampil di depan publik pada Desember 2021.



Simak Video "Potret Menggemaskan Perayaan Ulang Tahun Panda di Kuala Lumpur"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA