Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Mei 2022 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Tercatat 15-20 Wisatawan Tenggelam di Sungai Aare dalam Setahun

Femi Diah
detikTravel
Switzerland, Bern, Landscape, Aare river. (Photo by: Giovanni Mereghetti/UCG/Universal Images Group via Getty Images)
Foto: Giovanni Mereghetti/Getty Images
Jakarta -

Sungai Aare di Bern, Swis, tempat hilangnya putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khanz Mumtadz alias Eril, kerap terjadi orang tenggelam. Ada kejadian serupa 15-20 kasus dalam satu tahun.

Dikutip dari situs swissinfo.ch, pada tahun 2013 setidaknya ada 24 orang tenggelam di Sungai Aare. Menurut Swiss Lifesaving Society, mayoritas korbannya adalah pria muda.

Laporan lain menunjukkan sejumlah orang di komunitas traveling juga sempat menyinggung bahaya berenang di Sungai Aare. Ada juga peringatan dari traveler bahwa sungai itu memiliki pusaran yang kerap tak terduga bagi perenang.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman D Hadad juga mengatakan setidaknya ada 15 hingga 20 kasus serupa yang terjadi di Sungai Aare dalam waktu satu tahun.

"Mereka memperoleh informasi tiap tahun kejadian serupa terjadi 15-20 kasus setiap tahun," kata Muliaman saat konferensi pers virtual, Sabtu (28/5/2022).

Menurut Muliaman, banyaknya kasus orang tenggelam maupun hilang di Sungai Aare disebabkan karena lokasi tersebut merupakan tempat wisata yang banyak didatangi warga. Bukan hanya menyaksikan keindahan Sungai Aare, wisatawan biasanya berenang dan bermain di air.

"Jadi kenapa cukup banyak karena bisa disampaikan ini tempat orang berenang (wisata) jadi kasusnya 15-20 setahun," kata dia.

Jumlah orang tenggelam membuat pemerintah setempat memberikan peringatan kepada orang yang datang. Selain lewat papan-papan peringatan yang dipasang di lokasi, pemerintah setempat juga menyediakan sarana informasi tentang suhu air hingga deras arus Sungai Aare di website resmi.

"Seperti yang saya saksikan selain warning di lokasi setiap saat kita bisa mengecek website dari pemerintah lokal bagaimana suhu air hari ini termasuk perkiraan deras arus. Jadi selalu disampaikan," ujarnya.

"Jadi memang cukup banyak informasi yang bisa diakses masyarakat. Jadi masyarakat mengacu ke sumber informasi seperti itu," dia menambahkan.

Hingga saat ini pencarian terhadap Eril yang hilang saat berenang di Sungai Aare masih terus dilakukan. Eril pertama kali dilaporkan hilang pada Kamis (26/5/2022). Ia berenang bersama adiknya Camillia Laetitia Azzahra dan temannya.



Simak Video "Momen Ridwan Kamil Bertemu Guru di Swiss yang Temukan Jasad Eril"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Eureka!
×
Rahasia Borobudur
Rahasia Borobudur Selengkapnya