Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Mei 2022 11:29 WIB

TRAVEL NEWS

Terkini, Penyelam-Drone Biasa Dikerahkan Cari Anak Ridwan Kamil

CNBC Indonesia
detikTravel
Ridwan Kamil bertemu Kepala Polisi Maritim Urs Käller dan Kepala Polisi Regional Thomas Müller saat proses pencarian Eril (Foto diambil dari situs resmi Kemlu RI kemlu.go.id)
Ridwan Kamil bertemu Kepala Polisi Maritim Urs Käller dan Kepala Polisi Regional Thomas Müller saat proses pencarian Eril (Foto: Kemlu RI)
Jakarta -

Otoritas lokal Swiss melakukan pencarian intensif terhadap anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz. Kali ini, penyelam hingga drone juga akan dikerahkan di Sungai Aare.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad, menjelaskan pencarian berlanjut pada Sabtu (28/5/2022) dengan mengerahkan Tim SAR Bern yang terdiri dari polisi air, polisi medis, dan pemadam kebakaran.

Pencarian dimulai pukul 08.30 waktu setempat dengan jangka waktu yang diperlukan sesuai dengan kondisi alam sekitar sungai.

Setelah sebelumnya memakai drone thermal untuk mendeteksi panas tubuh manusia, kini Tim SAR menggunakan drone konvensional untuk bermanuver serendah mungkin di atas permukaan sungai.

Tim juga akan melakukan pencarian dengan mengerahkan penyelam. "Metode pagi ini lebih intensif," ujar Muliaman dalam konferensi pers virtual, dikutip Minggu (29/5/2022).

Penyelam yang melakukan pencarian, kata Muliaman pun mendapat kendala, karena kondisi air pada saat kejadian mencapai 16 derajat celcius dan sedikit keruh.

"Sungai Aare ini datangnya dari salju yang meleleh sehingga relatif dingin dan ada kristal putih sehingga agak keruh," ucapnya.

Pun pada pencarian kali ini, potensi ditemukannya Eril lebih besar, karena biasanya Sabtu dan Minggu jumlah warga yang berenang di Sungai Aare lebih banyak dari hari biasa. Jadi informasi yang didapat bukan hanya dari Tim SAR, tapi juga dari warga.

Berdasarkan catatan KBRI Bern, dalam setahun terdapat 15-20 orang yang terseret di Sungai Aare, dengan persentase 99,9% ditemukan.

Mayoritas orang hilang ditemukan dalam tiga minggu, dan proses pencarian oleh tim SAR dilakukan dengan tanpa batas waktu, karena polisi sungai di Kota Bern berpatroli setiap hari.

Seperti diketahui, Eril merupakan putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kail. Eril dan keluarga berada di Swiss dalam rangka mencari sekolah untuk Eril yang akan melanjutkan ke jenjang S2. Eril dilaporkan hanyut di Sungai Aare di Bern, Swiss pada Kamis (26/5) saat berenang bersama anggota keluarganya.



Simak Video "Kesaksian Ridwan Kamil Saat Memandikan Jenazah Eril"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA