Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Mei 2022 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Dubes RI di Swiss: Sungai Aare Populer buat Wisata, Dijaga Polisi

Femi Diah
detikTravel
Switzerland, Bern, Aare River, Landscape. (Photo by Giovanni Mereghetti/Education Images/Universal Images Group via Getty Images)
Sungai Aare (Giovanni Mereghetti/Getty Images)
Jakarta -

Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad, menyebut Sungai Aare tempat hilangnya putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril merupakan lokasi wisata yang populer. Polisi selalu berjaga-jaga di kawasan itu.

Sungai Aare membetot perhatian setelah Eril hilang saat berenang pada Kamis (26/5/2022). Hingga saat ini, pencarian terus dilakukan.

Bukan hanya Eril yang berenang di sana. Sungai Aare memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bern, Swiss. Apalagi, saat musim semi. Dengan warna air yang apik dan kualitas air yang baik, sungai itu menjadi tempat berenang warga dan turis.

Kendati ramai wisatawan, rupanya sungai itu bukan sungai untuk perenang pemula. Ada yang mengingatkan hanya mereka yang berpengalaman dan memiliki stamina tinggilah yang bisa berenang di sana. Muliaman menyebut setidaknya 15-20 orang tenggelam di sungai itu setiap tahun. Makanya, selalu ada polisi yang berjaga-jaga.

"Karena Sungai Aere ini popular, terutama musim semi dan musim panas, terutama musim libur sekolah," kata Muliaman dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (28/5).

"Warga berkumpul di sungai ini. Setiap hari polisi sungai bertugas mengawasi sungai itu," dia menambahkan.

Saat ini, kepolisian setempat membentuk tim pencarian dan pertolongan atau tim SAR. Mereka akan menyusur seluruh area potensial untuk menemukan Eril di Sungai Aare. Selain itu, pencarian juga melibatkan penyelam.

Hadad menjelaskan Tim SAR setempat mengerahkan teknologi untuk menemukan Eril. Salah satunya penggunaan drone dengan sensor deteksi panas tubuh.

"Tim SAR terdiri dari 20 orang terdiri dari polisi sungai, polisi medis, dan pemadam kebakaran. Jadi ada khusus polisi sungai," kata dia.

"Pada saat itu suhu air di Sungai Aare diperkirakan 16 derajat Celcius dengan arus yang cukup kuat," dia menambahkan.

"Kita tidak boleh berputus asa, terus berikhtiar," Kata Hadad.

Simak Video 'Sederet Fakta Sungai Aare di Swiss Tempat Anak Ridwan Kamil Hilang':

[Gambas:Video 20detik]



(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA