Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 31 Mei 2022 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Nelayan Lombok Selamatkan Seekor Paus Terdampar

Ahmad Viqi
detikTravel
Seekor paus terdampar di Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur, NTB, sekitar pukul 06.00 Wita, Selasa (31/5/2022) pagi tadi.
Paus terdampar di Lombok Timur (Istimewa)
Lombok Timur -

Kasus paus terdampar kembali terjadi di Indonesia. Kali ini Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur yang jadi tempatnya.

Seekor paus terdampar di Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur, NTB, sekitar pukul 06.00 Wita, Selasa (31/5/2022) pagi tadi. Mamalia laut itu kemudian didorong ke tengah laut oleh sejumlah nelayan dari Desa Kayangan bersama pihak pelabuhan penyeberangan ferry.

"Iya kita sempat ikat untuk menarik pausnya ke tengah," kata seorang nelayan setempat, Muhammad Khalid Assidik, melalui pesan singkat kepada detikBali, Selasa sore.

Ia menduga, paus tersebut terdampar akibat air laut surut di Pelabuhan Kayangan. Khalid mengaku belum mengetahui jenis paus yang sempat terdampar itu. "Alhamdulillah sudah selamat. Kita tadi sudah evakuasi ke tengah," ujar Khalid.

Terpisah, Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Nusa Tenggara Barat Joko Iswanto menjelaskan dugaan penyebab paus terdampar di Pelabuhan Kayangan Lombok Timur. Biasanya kata dia, mamalia laut itu terdampar ke tepian karena mengejar makanan.

"Biasaya kejar makanan. Jadi ketika ke tepi, air laut surut, inilah yang sering terjadi," katanya.

Menurut Joko, berdasarkan hasil identifikasi di lapangan, paus berukuran sedang itu berjenis Balaenoptera Acutorostrata atau Common Minke Whale. "Dari hasil identifikasi staf di sana sudah menemukan jenis pausnya. Kami juga sudah pastikan paus itu selamat setelah terdampar selama kurang lebih 30 menit di tepian," ujar Joko.

Dia mengimbau warga di pesisir jika menemui hal serupa agar segera melaporkan ke pihak BKSDA setempat untuk mendapat pertolongan. Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh nelayan di Pelabuhan Kayangan dengan melepas paus jenis Common Minke Whale itu sudah tepat.

***

Artikel ini telah tayang di detikBali. Baca berita selengkapnya di sini.



Simak Video "Kepanikan Warga saat Lihat Mobil Terjun ke Jurang 20 Meter di Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA