Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Jun 2022 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan Sekolah Nanti Mau ke Singapura? Begini Regulasi Terbangnya

Syanti Mustika
detikTravel
Merlion Park
Foto: (Masaul/detikTravel)
Jakarta -

Singapura melonggarkan gerbang internasional. Traveler yang sudah vaksin lengkap tidak perlu lagi karantina ataupun negatif tes PCR.

Liburan sekolah sebentar lagi, traveler ada yang ingin ke luar negeri nggak nih? Atau yang dekat deh, liburan ke Singapura bersama buah hati tercinta yang sudah berjuang menyiapkan diri menghadapi ujian naik kelas.

Saat ini bepergian ke luar negeri sudah dipermudah. detikcom akan berbagi cerita bagaimana regulasi yang kami lewati saat bepergian ke Singapura dan balik ke Jakarta beberapa hari yang lalu.

1. Terbang ke Singapura

detikcom terbang menuju Singapura dengan maskapai Batik Air dengan keberangkatan dari T3 Bandara Soekarno Hatta, Rabu (25/5/202). T3 terlihat cukup ramai dan didominasi oleh para jemaah umrah. Ragam warna-warni seragam jemaah umrah bikin semarak bandara.

Konter check in menuju Singapura pun mulai ramai dipadati traveler. Saat check ini, kami pun ditanyakan tentang sertifikat vaksin dan pengisian SG Arrival Card. Berhubung kami telah vaksin lengkap dan mengisi SG Arrival Card, check in berjalan dengan lancar.

Setelah check in, kami langsung menuju bagian Imigrasi.

2. Mendarat di Singapura

Setelah terbang 1,5 jam, kami pun mendarat di Bandara Changi dan langsung menuju Imigrasi. Terlihat papan pengumuman yang meminta siapapun, baik warga Singapura ataupun wisatawan, untuk mengisi SG Arrival Card (SAGC) dahulu.

Traveler tidak perlu khawatir karena di sana juga ada booth pengisian data yang bisa digunakan oleh siapapun. Nanti jika traveler telah mengisinya akan ada email notifikasi.

Oh iya, traveler juga bisa melihat informasi lengkapnya dengan mengunjungi https://safetravel.ica.gov.sg/arriving/overview.

Nanti saat di imigrasi traveler juga akan diminta untuk memperlihatkan sertifikat vaksin. Jadi pastikan kamu sudah mendownload sertifikat vaksin ya.

Berikut hal-hal yang perlu traveler periksa sebelum ke Singapura:

- Kamu harus mendapatkan bukti vaksinasi dan unggah sertifikat vaksinasi ke Vaccination Check Portal (Portal Pemeriksaan Vaksinasi). Kalau tidak bisa, nanti tunjukkan saja saat di pintu gate setelah mendarat di Singapura.

- Sebelum keberangkatan atau setelah mendarat harus mengisi SG Arrival Card dan deklarasi e-health melalui halaman resmi layanan elektronik gratis di situs web Immigration & Checkpoints Authority (ICA).

- Singapura menjadi salah satu negara yang telah menghapuskan karantina bagi traveler internasional. Juga, tak perlu lagi tes antigen atau PCR bagi kamu yang telah vaksin lengkap.


3. Terbang dari Singapura

Kami pun menuju ke Bandara Changi dan check in di konter Batik Air, Jumat (27/5/2022) dan diminta untuk memperlihatkan sertifikat vaksin. Proses berjalan lancar hingga kami menuju bagian pemeriksaan imigrasi hingga terbang ke Jakarta.

4. Mendarat di Jakarta

Sesampainya di Jakarta, sebelum menuju ke bagasi, kita harus check in dulu ke aplikasi Pedulilindungi. Setelah itu menuju bagian pemeriksaan imigrasi dan menuju pengambilan bagasi.



Simak Video "Rekomendasi Wisata dan Kuliner Malam di Singapura, Wajib Mampir! "
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA