Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 03 Jun 2022 21:43 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Aare, Inilah Sungai Terpanjang di Dunia

Berlayar di Sungai Nil naik cruise
Foto: Sungai Nil (shutterstock)
Jakarta -

Aare menjadi sungai terpanjang di Swiss dengan panjang 295 kilometer. Namun sungai ini bukan lah sungai terpanjang di dunia. Lalu, manakah sungai terpanjang di dunia?

Sungai Nil lah yang jadi juaranya. Sungai yang melewati 11 negara ini memiliki panjang sekitar 6.650 km. Jika Sungai Aare mengaliri area seluas 17.779 Km persegi, Nil mengaliri area hingga 3.349.000 km persegi.

Menurut Live Science, Nil mengalir ke utara melalui iklim tropis Afrika Timur ke Laut Tanzania dan melewati 11 negara, yaitu Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan dan Mesir.

Mengutip Britannica, Sungai Nil terdiri dari dua anak sungai, yaitu Nil Putih dan Nil Biru. Nil Putih lebih panjang dari keduanya yang dimulai dari Danau Victoria di Tanzania dan mengalir ke utara hingga mencapai Khartoum dimana dia bertemu Nil Biru. Sementara Nil Biru dimulai di dekat Danau Tana di Ethiopia.

Dalam bahasa Yunani, Nil berarti lembah sungai, sementara dalam bahasa Mesir Kuno, Nil disebut 'pī atau Iteru. Orang Mesir kuno juga menyebutnya sebagai sungai Ar atau Aur yang berarti hitam. Ini mengacu pada lumpur hitam tertinggi pada saat setelah banjir tahunan.

Sungai Nil sangat penting bagi pola pemukiman di Mesir. Tanah di sekitar Sungai Nil sangat subur tak seperti lanskap gersang di bagian lain negara ini.

Konon, Sungai Nil menjadi pusat kebangkitan orang Mesir Kuno dalam kekayaan dan kekuasaan. Curah hujan yang hampir tak terjadi di Mesir membuat Sungai Nil dan banjir tahunannya jadi penyebab oasis yang subur untuk pertanian. Tanah yang subur memungkinkan penduduk Mesir mengembangkan pertanian sejak ribuan tahun lalu.



Simak Video "Momen Ridwan Kamil Bertemu Guru di Swiss yang Temukan Jasad Eril"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA