Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 06 Jun 2022 21:08 WIB

TRAVEL NEWS

Perbandingan Tarif Candi Borobudur dan Situs UNESCO Lainnya

bonauli
detikTravel
Tiket Borobudur 750 ribu ramai diperbincangkan. Kenaikan harga tiket candi di Jawa Tengah tersebut dianggap terlalu tinggi untuk sebuah tempat wisata.
Candi Borobudur (Foto: Getty Images/iStockphoto/platongkoh)
Jakarta -

Pemerintah berencana menaikkan tarif di Candi Borobudur, bagi wisatawan yang ingin naik ke candi bakal diterapkan tarif Rp 750 ribu, rencana ini belum final dan akan diputuskan Presiden Joko Widodo pekan depan.

Meskipun belum resmi, berita kenaikan harga tiket ini ramai dibicarakan oleh warganet Indonesia. Menurut mereka, harga ini kemahalan jika dibandingkan dengan situs UNESCO lainnya.

detikTravel mengajak traveler untuk melihat perbandingan harga di tempat wisata lainnya. Kira-kira mahalan mana ya?

1. Great Wall China

Mari mulai dari Tur Forbidden City dan Great Wall China. Harga paket tur Tur Forbidden City dan Great Wall China dilihat dari Tiket.com Rp 1,2 juta. Harga ini sudah termasuk makan siang, minum dan antar jemput.

Sementara untuk harga tiket masuk jalur biasa 40 CNY atau sekitar Rp 85 ribu per orang. Sementara untuk jalur plus yang memiliki fasilitas cable car untuk rute PP seharga 100 CNY atau sekitar Rp 200 ribuan per orang.

2. Piramida Giza

morning light on pyramidsPiramida Giza Foto: iStock

Piramida Giza di Mesir jadi salah satu situs warisan UNESCO. Situs ini mirip Candi Borobudur yang mana sama-sama jadi saksi bisu perjalanan sejarah dunia.

Melalui situs resmi Giza Pyramid, tur setengah hari di situs ini di harga USD 25 atau Rp 350 ribuan. Sementara untuk tur piramida lengkap sampai bazaar dihargai USD 50 atau sekitar Rp 720 ribuan per orang. Tur ini mengajak wisatawan berkeliling selama 8 jam.

Untuk malam hari, ada atraksi sound and light yang dihadirkan. Turis bisa menikmati piramida dalam kecanggihan teknologi.

3. Angkor Wat

Angkor Wat jadi situs sejarah yang mirip dengan Candi Borobudur. Angkor Wat memiliki luas 162,6 hektar. Dibangun pada abad ke-12, Angkor Wat jadi candi kenegaraan oleh Raja Suryawarman II di Yasodaraoura.

Wat Angkor kelebihan turisAngkor Wat Foto: (AFP)

Tiket masuk Angkor Wat USD 59.89 atau sekitar Rp 850 ribuan untuk full day trip. Di dalamnya traveler tak cuma jalan-jalan saja, ada story telling yang diberikan lewat barcode dan ditayangkan virtual. Angkor Wat mengawinkan situs sejarah dan teknologi dengan apik.

4. Stonehenge

Stonehenge merupakan tumpukan batu-batu besar di Inggris. Situs ini diperkirakan dibangun pada 2.500 tahun sebelum Masehi. Stonehenge membentuk lingkaran luar ikonik dan trilithon sentral (dua batu vertikal yang mendukung batu horizontal) tapal kuda di Stonehenge.

Dari Stonehenge London Tours, tiket masuk Stonehenge dibagi jadi beberapa tipe. Yang termurah adalah tiket masuk Stonehenge dengan panduan audio dihargai 20 Pound sterling atau sekitar Rp 360 per orang.

Untuk tur setengah hari dengan panduan audio dihargai Rp 58 Pouns sterling atau sekitar Rp 1 jutaan. Sementara untuk tur campuran Stonehenge dan Bath dihargai 82 Pound sterling atau sekitar Rp 1,4 jutaan.

5. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Situs ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8. Tiket masuk Candi Borobudur saat ini Rp 50 ribu per orang.

Rencananya akan ada tambahan tiket masuk untuk wisatawan yang hendak naik ke Candi Borobudur sebesar Rp 750 ribu per orang. Sementara untuk anak sekolah masih bisa naik ke Candi Borobudur dengan harga Rp 5.000 per orang.



Simak Video "Respons Turis Lokal dan Asing soal Harga Tiket Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA