Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 08 Jun 2022 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Pria yang Ditarik Orang Utan Ternyata Terobos Pembatas Kandang

Femi Diah
detikTravel
Seorang pengunjung kebun binatang ditarik orangutan.
Pengunjung terlalu dekat dengan orang utan dan ditarik-tarik ke arah kandang. (Istimewa/Tangkapan Layar)
Kampar -

Pembatas kandang dan pengunjung disoal saat seorang pengunjung Kebun Binatang Kasang Kulim di Kampar, Riau, nyaris celaka karena ditarik orang utan dan menjadi viral. Rupanya, pengunjung itu melanggar pembatas kandang.

Video seorang pria ditarik-tarik orang utan itu viral di media sosial pada Selasa (7/6/2022). Dalam video tersebut pengunjung itu terlalu dekat dengan orang utan. Mereka hanya terpisah jeruji kandang.

Peristiwanya cukup bikin ngilu. Pria itu ditarik oleh orang utan. Awalnya, hanya baju yang ditarik. Tetapi, kemudian, kakinya juga turut ditarik. Seorang pria lain yang hendak menolongnya bahkan ikut ditarik.

Pria tersebut panik dan ketakutan. Dia berupaya untuk melepaskan diri tetapi justru orang utan makin kuat menarik kaki pria tersebut. Pria itu pun histeris.

Kejadian itu membuat warganet gaduh membicarakan jarak kandang dan pengunjung. Ada yang menyebut kebun binatang teledor tidak memberikan jarak antara pengunjung dan satwa.

"Kejadian kemarin saat jam makan siang. Jadi pengunjung ini buat video melewati pembatas," ujar pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim, Desrizal.

[Gambas:Instagram]



"Dia buat konten tanpa izin, tidak ada izin sama petugas. Untungnya nggak terluka karena hanya ditarik saja, kondisi orang utan sudah dewasa, usia 15 tahun," Desrizal menambahkan.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu pengunjung yang bikin konten itu, dalam prosesnya diketahui berinisial HA adalah warga Manyar Sakti Pekanbaru. Dia sengaja memanfaatkan kelengahan petugas saat istirahat untuk membuat konten dengan melewati pagar pembatas kandang satwa.

Jarak Pagar Kandang dan Pengunjung Diyakini Ideal

Plt. Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara, langsung menginvestigasi peristiwa itu. Tim investigasi dipimpin oleh Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan, bapak Arry Purnama Setiawan.

Dalam Instagram BKSDA Riau disebutkan tim melakukan pengecekan kandang orang utan. Kandang tersebut dinilai memenuhi persyaratan dengan terdapat pembatas dengan jarak yang cukup aman bagi pengunjung serta diberi papan peringatan untuk tidak memberi makan satwa dan melewati pagar pembatas.

Tim segera menyosialisasikan dan mengimbau, baik secara lisan maupun tertulis, agar pengelola Kasang Kulim Zoo meningkatkan pengawasan kepada pengunjung dan selalu mengingatkan pengunjung untuk tidak memberi makan satwa serta melewati batas pengaman berupa papan peringatan maupun pengeras suara secara periodik.

Begitu juga dengan petugas agar dilakukan tugas bergilir sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali. Kepada HA telah dilakukan pemanggilan untuk pembinaan dan akan kembali dimintai keterangan pada esok hari di kantor Balai Besar KSDA Riau.

Mari, jadilah pengunjung yang pintar dan cerdas. Tidak bertindak kurang pantas demi kepentingan pribadi dan kesenangan sesaat namun merugikan pihak lain.

Simak Video 'Viral! Saat Pria Ditarik-tarik Orang Utan di Kebun Binatang di Riau':

[Gambas:Video 20detik]




(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA