Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 09 Jun 2022 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Peringkat Pertama Kota Termahal Tahun 2022 Diraih Oleh...

Pemandangan Kota Hong Kong
Foto: Pemandangan kota Hong Kong (Dadan Kuswaraharja/detikcom)
Jakarta -

Daftar kota termahal di dunia telah dirilis oleh perusahaan mobilitas global ECA Internasional. Kota mana juaranya?

Penentuan kota termahal di dunia dihitung melalui beberapa faktor, termasuk harga dan rata-rata kebutuhan rumah tangga seperti susu, minyak goreng, sewa, angkutan umum, sampai kekuatan mata uang lokal.

Untuk tahun 2022, Hong Kong-lah yang menempati posisi pertama dalam indeks ECA. Kota ini juga meraih peringkat pertama di tahun 2021 dan 2020.

Asia mendominasi daftar kota termahal di dunia. Lima kotanya, Hong Kong, Tokyo, Shanghai, Guangzhou, dan Seoul masuk dalam 10 besar.

Asia juga mengklaim kehormatan dalam rumah dengan pertumbuhan tercepat dalam daftar keseluruhan. Kolombo, kota metropolitan di Sri Lanka, melonjak 23 peringkat dari urutan ke-162 menjadi ke-149.

Direktur regional ECA untuk Asia, Lee Quane, menjelaskan alasan makin bertambahnya kota di China daratan pada indeks tersebut.

"Mayoritas kota-kota China daratan di peringkat kami memiliki tingkat inflasi yang tinggi dari pada yang biasa kita lihat, tapi mereka biasanya masih lebih rendah dari pada tempat lain di Asia," kata Lee Quane dalam pernyataan.

"Oleh karena itu, alasan utama kenaikan peringkat mereka ialah berlanjutnya kekuatan yuan China terhadap mata uang utama lainnya," dia menambahkan.

Kota mana saja yang peringkatnya turun dari tahun-tahun sebelumnya?

Paris di Prancis yang menduduki puncak daftar ECA keluar dari 30 besar. Kota lainnya seperti Madrid, Roma dan Brussels juga mengalami penurunan.

"Hampir setiap kota besar di zona euro mengalami penurunan peringkat tahun ini, karena kinerja euro lebih buruk dalam 12 bulan terakhir dari pada dolar AS dan pound Inggris," tambahnya.

Faktor eksternal seperti politik dan konflik internasional bisa berperan dalam peringkat kota. Invasi Rusia dan Ukraina menjadikan Moskow berada di posisi ke 62, sementara St Petersburg di urutan 147.

Sementara itu, kota termahal di Eropa diraih oleh Jenewa, Swiss yang berada di posisi ketiga setelah Hong Kong dan juga New York.


Berikut daftar kota termahal di dunia tahun 2022:

1. Hong Kong
2. New York
3. Jenewa
4. London
5. Tokyo
6. Tel Aviv
7. Zurich
8. Shanghai
9. Guangzhou
10. Seoul



Simak Video "Detik-detik Member Boyband Mirror Tertimpa LED saat Konser"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA