Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 12 Jun 2022 11:17 WIB

TRAVEL NEWS

Tips Wisata Aman di Jabar, Cek-Cuaca dan Waspadai Sungai

Sudirman Wamad
detikTravel
Vespa Listrik kuat menanjak sampai ke Lembang
Wisata di Jawa Barat (Foto: dok.detikcom)
Jakarta -

Mengetahui gambaran destinasi yang akan dikunjungi memang sangat disarankan. Jika traveler akan pergi wisata ke Jawa Barat, ada beberapa tipsnya.

Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jabar mengimbau wisatawan mewaspadai potensi bencana alam seperti banjir dan lainnya. Disparbud meminta agar wisatawan dan pengelolaan wisata rutin mengecek informasi di BMKG.

"Kalau dari kami sama seperti yang disampaikan Pak Gubernur, karena kehati-hatian jadi kunci keselamatan bagi wisatawan," kata Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar dalam keterangan yang diterima detikJabar, Kamis (9/6/2022).

Benny mengimbau wisatawan untuk rutin mengecek kondisi cuaca di daerah tujuan. Kesadaran wisatawan menjadi kunci agar tak ada korban jiwa di tempat wisata ketika terjadi bencana.

"Kepada para wisatawan diharapkan untuk mengantisipasi kondisi-kondisi yang akan terjadi di kemudian hari. Ini antisipasi, mudah-mudahan tidak terjadi," kata Benny.

"Kita menjaga wisatawan ini di dalam aktivitas wisatanya. Kalau dirasa berbahaya, sebaiknya dilarang sebelum mengakibatkan jatuhnya korban jiwa," kata Benny menambahkan.

Benny juga mengimbau agar pengelola wisata tak memaksakan diri untuk membuka kunjungan, ketika kondisi cuaca berpotensi membahayakan wisatawan. Benny menegaskan wisata alam berpotensi terjadi bencana jika cuaca ekstrem melanda.

"Karena potensi bencana (tempat wisata pinggir sungai) relatif lebih besar daripada wisata lain. Terutama yang berkaitan dengan alam, sungai, laut dan gunung. Ini perlu diantisipasi," ucap Benny.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengimbau masyarakat waspada dengan kondisi perubahan cuaca dan bencana alam. Terbaru adalah bencana banjir bandang di Kecamatan Ciwidey, Bandung, yang melanda tiga kampung.

Berita selengkapnya dapat traveler baca di tautan detikJabar ini



Simak Video "Bersantai di Atas Floaties Menikmati Suasana Sejuk Kota Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA