Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 13 Jun 2022 15:40 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Panjat Pohon Beringin, Bule Bali Ini Dideportasi

Bule yang memanjat pohon beringin di pura yang ada di Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, pada Sabtu (11/6/2022).
Bule panjat pohon beringin di Bali (istimewa)
Tabanan -

Bule asal Australia yang viral karena memanjat pohon beringin sudah diamankan. Setelah ditangkap, barulah ketahuan ini bukan yang pertama.

Warga negara asing berkebangsaan Australia bernama Samuel Lockton ketahuan nekat memanjat pohon beringin Pura Dalem dan Pura Prajapati di Desa Adat Kelaci Kelod, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Kini dirinya akan dideportasi setelah bule itu menjalani ritual permohonan maaf di desa adat setempat.

"Tindakan pasti ada, kita akan perintahkan dia keluar dari wilayah Indonesia," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bali Anggiat Napitupulu dalam sambungan telepon kepada detikBali, Senin (13/6/2022).

Anggiat menegaskan, pihaknya tidak bisa memutus proses yang telah disepakati masyarakat di lingkungan pura tempat pohon beringin yang dipanjat tersebut. Berbagai tata krama dipersilahkan untuk diselesaikan terlebih dahulu sebelum bule itu diproses untuk keluar dari wilayah Indonesia.

"Jadi kita biarkan mereka selesaikan dulu penyelesaian secara kearifan lokalnya, baru kita lakukan tindakan. Karena nanti takutnya kita melakukan tindakan ada proses yang tidak selesai, nggak enak juga," terangnya.

Anggiat menuturkan, bule itu sudah sempat diperiksa oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar dan telah mengakui kesalahannya. Samuel Lockton kepada pihak Imigrasi Denpasar mengaku melakukan tindakan itu karena tidak tahu bahwa pohon beringin yang dipanjat dikeramatkan oleh masyarakat setempat.

****

Artikel ini sudah tayang di detikBali. Baca berita selengkapnya di sini.



Simak Video "Laris Manis Laklak Biu Men Bayu Khas Tabanan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA