Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 13 Jun 2022 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Arkeolog Berharap Candi Borobudur Punya Mitigasi Bencana

bonauli
detikTravel
Petugas Balai Konservasi Borobudur (BKG) menunjukkan aus di bagian tangga dan relief Candi Borobudur, Magelang, Selasa (7/6/2022)
Candi Borobudur (Eko Susanto/detikJateng)
Jakarta -

Naiknya harga tiket masuk Candi Borobudur membuat heboh warga +62. Kalau menurut arkeolog, masih ada yang harus dibenahi jika mau harganya naik.

Di sebelah timur Candi Borobudur, ada Gunung Merapi yang masih aktif. Letusan Gunung Merapi dinilai berpengaruh pada lingkungan termasuk kawasan Candi Borobudur.

"Yang diperlukan saat ini yaitu teknologi mitigasi bencana untuk mengurangi resiko letusan Gunung Merapi," ucap Hari Suroto, peneliti arkeologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada detikTravel.

Selain itu, inovasi virtual juga dinilai sebagai salah satu cara dalam memperlambat kerusakan Candi Borobudur.

"Selain pembatasan jumlah wisatawan yang naik, ada inovasi yang lain yaitu dengan memanfaatkan teknologi digital. Pemanfaatan teknologi digital ini untuk program jangka panjang ke depan," ungkapnya.

Lebih lanjut Hari menjelaskan bahwa tur wisata tidak harus wisatawan yang datang ke Candi Borobudur sebagai destinasi. Dengan memanfaatkan teknologi digital, tur dapat dilakukan dengan virtual tour.

"Caranya Candi Borobudur dan ruangnya dibuat secara virtual 3D. Ini adalah solusi masa depan untuk menyelamatkan Candi Borobudur," jelasnya.

Wisawatan dapat menyaksikan dan mengeksplorasi Candi Borobudur dengan view 360 derajat. Ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan.

"Candi Borobudur juga dapat ditampilkan dalam dunia virtual Metaverse.Dunia virtual Metaverse adalah masa depan yang tidak dapat terelakkan," katanya.

Menurutnya Metaverse baru bisa dirasakan paling cepat mungkin sekitar 3 sampai 5 tahun mendatang secara global.

"Teknologi digital dapat diandalkan sebagai salah satu stategi untuk melindungi Candi Borobudur dari kerusakan, ini merupakan strategi jangka panjang
Di platform Metaverse semua akan tersedia secara 3D. Wisatawan digital harus terhubung dengan perangkat seperti headset atau kacamata virtual reality untuk beraktivitas," ungkapnya.

Metaverse telah menjadi salah satu tren di dunia teknologi sekarang. Buktinya Arab Saudi telah meluncurkan proyek VR Ka'bah Masjidil Haram pada beberapa waktu lalu.



Simak Video "Sandiaga Uno Harap Penataan Candi Borobudur Bisa Tarik 20 Juta Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA