Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 13 Jun 2022 20:14 WIB

TRAVEL NEWS

5 Negara yang Tidak Mempunyai Laut, Apa Saja?

Tim detikcom
detikTravel
Laos
5 Negara yang tidak mempunyai laut Foto: (Getty Images)
Kabul -

Tidak seperti Indonesia, 5 negara ini dikenal sebagai negara yang tidak memiliki laut. Ada yang di benua Asia, ada pula yang di benua Eropa. Apa saja ya?

Ternyata dari sekian banyak negara di penjuru dunia, ada negara yang tidak mempunyai laut. Negara-negara itu hanya terdiri dari daratan saja, sama sekali tidak memiliki laut.

Dikumpulkan detikTravel dari beragam sumber, Senin (13/6/2022) berikut 5 negara yang tidak mempunyai laut:

1. Afghanistan

Lembah Bamiyan di AfghanistanLembah Bamiyan di Afghanistan Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Afghanistan termasuk salah satu ke dalam negara yang terkurung daratan atau landlocked country, sehingga negaranya tidak dikelilingi lautan.

Letaknya yang berada di tengah-tengah dan dikepung negara lainnya membuat Afghanistan tidak memiliki lautan sebagai batas geografisnya.

2. Austria

Danau AchenseeDanau Achensee Foto: (CNN)

Negara kedua adalah Austria. Negara yang masuk ke bagian Eropa Barat ini tidak memiliki laut, karena posisinya terkurung oleh negara lainnya.

Negara tersebut yaitu Republik Ceko di utara, Slovakia di timur laut, Hungaria di timur, Slovenia dan Italia di selatan, Switzerland dan Liechtenstein di barat, serta Jerman di barat laut.

3. Bolivia

A woman prepares food at the inauguration of tourist season at the Charquini glacier, as scientists and climbers battle over the future of the controversial lure for tourists, outside of El Alto, Bolivia April 8, 2022. Picture taken April 8, 2022. REUTERS/Claudia MoralesGletser di pegunungan CharquiniBolivia Foto: REUTERS/CLAUDIA MORALES

Negara yang tak mempunyai laut seperti Afghanistan adalah Bolivia. Negara di Amerika Selatan ini mempunyai luas daratan 1.083 kilometer persegi. Sebelumnya Bolivia pernah punya garis pantai sepanjang 240 kilometer. Tapi garis tersebut menghilang usai Perang Pasifik.

Negara ini bahkan pernah punya Angkatan Laut yang sekarang sudah beralih tugas untuk menjaga wilayah daratan, sungai, serta danau di sekitar Bolivia.

Negara yang tidak mempunyai laut selanjutnya: Belarusia

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Update Bom Astana Anyar
Update Bom Astana Anyar Selengkapnya