Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 13 Jun 2022 22:41 WIB

TRAVEL NEWS

Kronologi Tenggelamnya Eril Hingga Ditemukan di Bendungan

Tim detikcom
detikTravel
Bendungan Engehalde Tempat Jenazah Eril Ditemukan
Foto: Bendungan Engehalde (Google Street View)
Bern -

Jasad Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan dan dimakamkan. Tapi banyak traveler yang penasaran bagaimana kronologi tenggelamnya Eril hingga ketemu di bendungan?

Kronologi Eril Dinyatakan Hilang

Putra pertama Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril diketahui pergi ke Swiss bersama dengan keluarganya untuk mencari sekolah untuk melanjutkan ke jenjang Strata 2 (S2).

Di tengah-tengah kesibukannya mencari sekolah, Eril bersama adiknya Camillia Laetitia Azzahra dan kerabat diketahui pergi berenang di sungai Aare di kota Bern, Swiss.

Ibu mereka, Atalia Praratya saat itu diketahui tidak ikut berenang. Keluarga menyatakan Eril menghilang karena situasi darurat pada Kamis (26/5/2022).

Upaya pencarian Eril terus dilakukan oleh tim SAR melibatkan unsur Polisi, Polisi Maritim, dan Pemadam Kebakaran, serta didukung oleh Pemerintah Kanton Bern.

Sementara itu, saat kejadian, Ridwan Kamil sedang melakukan kegiatan dinas bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Inggris. Dia langsung terbang ke Swiss.

Upaya Pencarian Eril

Upaya pencarian Eril terus dilakukan. Wilayah yang diperiksa mencapai 17 KM area sungai Aare, yakni dari Jembatan Tiefenau hingga ke pintu air Wohlensee. Tim SAR juga menurunkan penyelam untuk memulai pencarian bawah air.

Pencarian difokuskan pada area di antara dua pintu air terdekat lokasi terakhir terlihatnya Eril, yaitu Schwellenmaetelli dan Engehalde. Metode pencarian besok akan menggunakan perahu dan sensor yang mampu mendeteksi hingga kedalaman 3 meter.

Ridwan Kamil dan keluarga kembali ke Indonesia, pada Kamis sore (2/6) untuk menjalankan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat. Sebelum meninggalkan Swiss, Ridwan Kamil dan keluarga ditemani KBRI dan diaspora Indonesia di Bern telah melakukan Salat Ghaib untuk mendoakan Eril di tepi sungai Aare.

Jasad Eril Ditemukan

Jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, akhirnya ditemukan di Bendungan Engehalde.

"Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50, polisi wilayah Bern dilaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di Bendungan Engehalde di Bern," dalam keterangan Polisi Bern, Kamis (9/6/2022).

Polisi melakukan pemeriksaan forensik terhadap jasad yang ditemukan. Hasilnya dipastikan itu adalah jasad Eril yang hilang sejak Kamis, 26 Mei 2022.

"Bahwa Rabu kemarin kepolisian Bern telah bertemu kami di KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga Ananda Eril pada 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB. Sesuai prosedur yang berlaku tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan itu adalah benar ananda Eril. Pada hari Kamis 9 Juni waktu Swiss pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Emmeril Khan Mumtadz atau ananda Eril. KBRI Bern tentunya memastikan penghormatan terhadap hak ananda Eril sebagai muslim terpenuhi secara syariat Islam. KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses pengurusan repatriasi ke tanah air," ujar Dubes RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad.



Simak Video "Ini Skema Pengamanan dan Pengaturan saat Proses Pemakaman Eril"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA