Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 14 Jun 2022 19:05 WIB

TRAVEL NEWS

Bakal Ada Campervan di MotoGP Mandalika?

Eddi Brokoli dan Keluarga naik mobil ke Mandalika
Mobil Campervan Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Kemping di mobil atau campervan yang sudah direncanakan pada gelaran MotoGP Mandalika lalu urung terlaksana. Lalu bagaimana untuk event balapan yang selanjutnya?

Diketahui bahwa begitu banyak traveler yang mengeluhkan kelangkaan kamar di sekitar Mandalika. Bila ada harganya begitu mahal.

Oleh karenanya, kemping di mobil atau campervan bisa menjadi solusi alternatif. Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan cara itu akan dijajal pada event terdekat.

"Ini yang akan dicoba di MXGP. Kebetulan akan ada MXGP di Sumbawa dan saya diberitahu bahwa kamar hotel sudah sold out," kata Sandiaga dalam temu wartawan mingguan, Senin (14/6/2022).

"Sama seperti di MotoGP, di MXGP lebih lagi karena fasilitas di Sumbawa ini jauh lebih sedikit. Oleh karena itu campervan harus disediakan," imbuh dia.

Sandiaga menyebut bahwa kemping di mobil atau campervan merupakan salah satu pilihan terbaik dalam pariwisata ramah lingkungan. Selain itu, campervan juga merupakan akomodasi yang fleksibel.

"Dan campervan ini akan menjadi opsi yang sangat handal dalam menyikapi pariwisata era baru, yaitu berbasis ecotourism. Jadi campervan ini akan menjadikan suatu destinasi memiliki opsi pengembangan akomodasi tapi juga sangat cocok dengan pengembangan ecotourism," urai dia

"Campervan ini ada fleksibilitas yang tidak dimiliki oleh akomodasi lainnya. Waktu saya naik di fasilitas Mas Edi Brokoli, di sana ada tempat tidur, belajar kalau bawa anak, memasak, dan ini menjadi satu kesatuan dengan mobil tanpa perlu modifikasi yang terlalu ribet," jelas dia.

Jika dikembangkan dengan benar, kata Sandiaga, kemping di mobil atau campervan akan sangat menjanjikan di Indonesia.

"Ini yang menurut saya akan menghasilkan suatu industri baru, penghasil campervan lokal yang juga dekat dengan kearifan atau perilaku masyarakat Indonesia dalam berwisata," tutup dia.

Sandiaga beberapa waktu lalu pernah berjanji akan mengumpulkan para peminat campervan dalam satu event festival. Pengguna campervan akan menjadi duta-duta wisata yang mempromosikan keindahan wisata Indonesia.

"Saya sudah tugaskan Ibu Dewi (Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf I.G.A Dewi Hendriyani), kita merangkul duta-duta wisata campervan. Saya ketemu di Sari Ater banyak sekali jumlahnya dan ada shift yang menarik dari wisatawan kembali ke nature, eco wisata ini sangat diminati. Kalau mereka bisa jadi duta besar kita untuk wisata untuk ekosistem alam itu merupakan satu nilai tambah dan kita akan menciptakan destinasi baru dan kami akan membuat festival-festival yang akan bergerak dari site satu ke site yang lain agar site baru seperti Baluran, Mandalika, Likupang jadi ada pilihan daripada menghabiskan devisa di luar negeri mending di Indonesia saja," ujar Sandiaga bulan Maret 2022 lalu.



Simak Video "Serunya Kemping Mewah dengan Campervan, Serasa Jadi Sultan!"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA