Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 15 Jun 2022 14:41 WIB

TRAVEL NEWS

Bye-bye, Turkish Airlines Akan Punya Nama Baru

Femi Diah
detikTravel
Ilustrasi Turkish Airlines
Ilustrasi Turkish Airlines (Getty Images/GeorgHanf)
Jakarta -

Presiden Recep Tayyip Erdogan menyebut maskapai nasional Turki akan berganti nama. Dari Turkish Airlines menjadi Turkiye Hava Yollari.

Pergantian nama maskapai nasional milik Turki itu seiring perubahan nama negara. Ya, awal bulan ini, pemerintah Turki mengirimkan surat kepada Perserikatan bangsa-Bangsa (PBB). Mereka secara resmi mendaftarkan nama negara itu sebagai Turkiye, seperti yang dieja dan diucapkan dalam bahasa Turki. Negara ini menyebut dirinya Turkiye pada tahun 1923 setelah deklarasi kemerdekaannya.

Pemerintah Erdogan mengatakan nama Turkiye lebih mewakili budaya dan nilai-nilai Turki. Tetapi, menurut pengamat langkah itu adalah bagian dari upaya untuk membedakan nama Turki yang diartikan burung, kalkun.

"Turki tidak ada lagi. Ini adalah Turkiye," kata Erdogan dalam upacara yang menandai peluncuran satelit komunikasi baru, seperti dikutip dari AP, Rabu (15/6/2022).

"Turkiye Hava Yollari akan tertulis di badan pesawat kami, bukan Turkish Airlines," dia menambahkan.

Dunia rupanya juga mulai menyebut negara itu dengan Turkiye. Termasuk, PBB dan NATO. Sejumlah pejabat tinggi asing yang mengunjungi Ankara juga telah beralih menyebut Turkiye.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyebut negara itu sebagai Turkiye dalam kunjungan ke Helsinki dan Stockholm minggu ini. Begitu pula, Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson.



Simak Video "WNI yang Ribut di Turkish Airlines Bantah Mabuk: Boro-boro Minum"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA