Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 16 Jun 2022 11:16 WIB

TRAVEL NEWS

Penjelasan Lengkap Lion Air Tentang Mantan Bupati Bawa Bom di Pesawat

Tim detikcom
detikTravel
Pesawat Wings Air di Buol
Foto: Ilustrasi Wings Air (dok. Wings Air)
Jakarta -

Lion Air Group memberi penjelasan soal insiden di salah satu pesawat mereka. Ada penumpang mereka, mantan bupati Buton Selatan bercanda membawa bom di pesawat.

Insiden itu disebutkan terjadi di penerbangan Wings Air IW-1307 di Bandara Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Penumpang yang bermasalah itu diketahui bernama La Ode Arusani, yang dulu pernah menjabat sebagai Bupati Buton Selatan.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menyampaikan, saat itu Arusani bilang kalau dia menyimpan bom di tasnya.

"Saat proses penumpang masuk ke kabin pesawat (boarding) penerbangan IW-1307 terdapat satu penumpang laki-laki menyampaikan jika terdapat bom pada tas barang bawaannya," kata Danang dalam keterangannya, Kamis (16/6/2022).

Seorang pramugari meminta izin memindahkan tas pada kompartemen bagasi yang masih kosong sehingga saat itulah Arusani berkelakar membawa bom di dalam tasnya. Pramugari yang mendengar hal ini segera berkoordinasi bersama pilot dan petugas keamanan atau Avsec (Aviation Security) sehingga Arusani dibawa ke Polsek setempat.

"Berdasarkan interogasi awal, penumpang mengaku hanya bercanda," ujarnya.

Pihak maskapai juga sempat melakukan pengecekan barang-barang di dalam pesawat. Namun tidak ada benda mencurigakan yang ditemukan.

"Hasilnya, tidak ditemukan barang atau benda dimaksud," ujar dia.

Pesawat kemudian tetap melanjutkan perjalanan. Hanya saja Arusani tidak ikut diberangkatkan.

"Penumpang tersebut tidak diikutkan (offload) pada penerbangan guna pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak berwenang," ujarnya.

Danang mengungkapkan penerbangan Wings Air IW-1307 berangkat membawa 4 awak pesawat dan 71 penumpang tanpa penumpang yang melontarkan candaan tersebut. Pesawat mengudara pukul 09.52 Wita dan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 10.48 Wita.



Simak Video "Lion Air Masih Investigasi Penyebab Mesin JT330 Bermasalah"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA