Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 18 Jun 2022 21:42 WIB

TRAVEL NEWS

Desain Kursi Pesawat Masa Depan: Punya Kursi Mengambang

Desain kabin pesawat
Foto: Desain pesawat 'floating seat' (CNN)
Jakarta -

Berbagai desain pesawat terbaru dicetuskan dalam ajang Crystal Cabin Awards 2022. Salah satunya memiliki konsep 'floating seat'.

Sebuah penghargaan bergengsi, Crystal Cabin Awards menyoroti inovasi dan kreativitas dalam interior pesawat. Pemenangnya diumumkan dalam Pameran Interior Pesawat 2022 (AIX) di Jerman.

Pada event tersebut, presiden asosiasi penghargaan, Lukas Kaestner mengatakan, tim pakar industri menghabiskan satu hari untuk menginterogasi setiap pengajuan sebelum sampai pada keputusan mereka. Juri memperdebatkan kreativitas dan kecerdikan ide, serta mempertimbangkan reaksi dari maskapai dan calon penumpang.

Setelah melakukan diskusi, finalis disaring menjadi delapan pemenang. Desain kabin Teague dan NORDAM Elevate yang memvisualisasikan kabin premium dengan kursi mengambang berada di posisi teratas dalam kategori konsep.

Menurut tim Teague, ide di balik konsep tersebut adalah untuk membuka lebih banyak ruang di kabin dengan menempelkan semua furnitur ke satu jalur yang terhubung ke dinding samping dan lorong. Ide tersebut tercetus saat para desainer dan insinyur menyadari bahwa mereka memiliki masalah yang sama, yaitu bagaimana mengosongkan ruang kabin pesawat tanpa kehilangan kursi dalam prosesnya.

Sementara itu, desain lainnya dengan konsep SpaceChiller milik Collins Aerospace berhasil membawa penghargaan untuk kategori kenyamanan penumpang. Di sini, pesawat memberikan lemari es pribadi kepada penumpang.

Desain kabin pesawatDesain kabin pesawat SpaceChiler Foto: (CNN)

Crystal Cabin juga sering melihat beberapa pengajuan desain yang inovatif di kategori universitas. Di sini, generasi desainer penebangan yang lebih milenial menawarkan pandangan mereka tentang masa depan penerbangan.

Salah satunya adalah Alejandro Nunez Vicente yang mendapatkan nominasi di tahun 2021 untuk kursi pesawat bertingkat. Dia juga telah mendirikan perusahaan rintisannya sendiri.

Pemenang tahun ini dalam kategori universitas adalah Ken Kirtland dari Institut Teknologi Georgia. Dia mendesain pesawat listrik tanpa emisi yang disebut portal, serta akan memanfaatkan bandara regional dan terbang di ketinggian yang lebih rendah.

Desain kabin pesawatDesain kabin pesawat portal Foto: (CNN)

Desain Kirtland ini pun menarik perhatian juri, melihat penumpang pesawat yang kini semakin menuntut pilihan 'sustainable' atau berkelanjutan dan juga kenyataan nyata dari jejak karbon yang dihasilkan.

Interior portal dari desain Kirtland juga berperan dalam kemenangannya. Idenya yaitu kabin akan menampilkan kursi premium yang tersebar dengan penumpang bisa menikmati pemandangan langit.

"Kami ingin mendorong inovasi dan hanya membuat atau mengisi diskusi dari pengalaman penumpang," kata Kaestner.



Simak Video "Momen Jokowi Tiba di Munich Jerman, Akan Hadiri KTT G7"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA