Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 19 Jun 2022 05:37 WIB

TRAVEL NEWS

Macet Abadi Seperti Puncak, Desa Italia Ini Terapkan Ganjil-Genap

bonauli
detikTravel
Pantai Amalfi
Amalfi Coast (Getty Images/iStockphoto/Aleh Varanishcha)
Amalfi Coast -

Kalau Indonesia punya kemacetan abadi Puncak, di Italia ada Amalfi Coast. Desa dengan pahatan tebing indah dan pemandangan laut eksotis jadi incaran turis.

Ini membuat Amalfi Coast jadi salah satu desa ikonik di Italia. Akhir pekan pun membuatnya ramai sampai macet parah.

Turis yang datang ke sini umumnya menggunakan mobil. Mereka kerap berhenti dan berputar-putar di sepanjang Amalfi Coast. Bahkan mobil van berukuran besar sampai bikin jalanan penuh.

Akibatnya, waktu liburan habis di jalan. Turis tak dapat menikmati Amalfie Coast dengan maksimal.

"Anda harus mengemudi dengan sangat lambat karena ada begitu banyak mobil dan seringkali macet total," kata wakil Wali Kota Vietri sul Mare.

Dikutip dari CNN, Amalfi Coast meresmikan kebijakan terbaru untuk menyelesaikan masalah tersebut. Amalfi Coast resmi menggunakan sistem ganjil-genap di akhir pekan.

Sama seperti Indonesia, kendaraan roda empat berpelat nomor ganjil hanya bisa masuk Amalfi Coast saat tanggal ganjil. Begitu juga dengan tanggap genap.

"Pada dasarnya kami kebanjiran turis selama empat atau lima bulan dalam setahun, tapi penduduk mengalami kesulitan untuk parkir maupun menggunakan mobil untuk pergi dari satu desa ke desa lainnya," ujar Fausto Salsano, pemilik bisnis di Amalfi Coast.

Parahnya lagi, pernah ada penduduk yang pergi ke dokter gigi di kota lain dengan menggunakan feri. Keindahan kota Amalfi pun kalah dengan hiruk pikuk kemacetan yang terjadi sepanjang hari.

Ganjil-genap akan berlaku mulai 15 Juni hingga 30 September. Untuk bulan Agustus, ganjil-genap akan diberlakukan pada pukul 10.00-18.00 waktu setempat.

Kendaraan-kendaraan besar yang lebih dari 10,36 meter akan dilarang lewat sampai tengah malam. Polisi setempat akan bertanggung jawab untuk menegakkan peraturan ini.



Simak Video "Jari Turis Amerika Serikat Putus Saat Surfing di Mentawai"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA