Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Jun 2022 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Ternyata, Ada Populasi Beruang Kutub yang Bisa Bertahan Tanpa Es Laut

Beruang kutub
Ilustrasi beruang kutub (CNN)
Jakarta -

Beruang kutub biasanya menggunakan es laut untuk berburu. Tapi ternyata, ada kelompok yang menemukan cara lain untuk mendapatkan makanan.

Mengutip nature, sebuah populasi beruang kutub yang terisolasi telah ditemukan di tenggara Greenland. Mereka bebas dari es laut hampir sepanjang tahun.

Padahal biasanya, beruang kutub akan membutuhkan laut es untuk bertahan hidup. Penemuan ini pun meningkatkan harapan bahwa beberapa spesies nantinya bisa bertahan hidup dari hilangnya es yang disebabkan perubahan iklim.

Para peneliti mengidentifikasi sub populasi yang berbeda secara genetik di fjord Greenland tenggara. Tempat ini dikelilingi oleh pegunungan, lapisan es di barat dan lautan di timur. Nah, karena berada jauh di selatan, lapisan es laut hanya berlangsung sekitar 100 hari dalam setiap tahun.

Beruang kutub pada umumnya membutuhkan akses ke laut arktik untuk berburu anjing laut. Dengan berkurangnya lapisan es di wilayah tersebut sebab pemanasan global, hewan-hewan itu diperkirakan hampir punah pada akhir abad ini.

Sub populasi yang terisolasi ini menemukan cara untuk berburu tanpa es laut. Kelompok tersebut terdiri dari 27 beruang betina dewasa yang telah beradaptasi untuk berburu di atas es yang telah membelah gletser. Menggunakan analisis genetik, tim peneliti menemukan bahwa populasi ini telah diisolasi dari populasi beruang kutub lainnnya di sepanjang pantai timur Greenland setidaknya selama 200 tahun.

Menurut CNN, meski mereka terisolasi karena lapisan es Greenland, pegunungan, perairan terbuka dan arus yang mengalir deras, beruang kutub memiliki akses ke es air tawar dan beberapa akses terbatas ke es laut yang membantu mereka menangkap anjing laut.

Beruang bisa menggunakan es laut antara Februari dan akhir Mei. Selama sisa tahun, mereka berburu anjing laut menggunakan es air tawar yang terlepas dari lapisan es.

Keberadaan populasi kecil ini dalam kondisi es laut yang rendah menunjukkan adanya kemungkinan bahwa spesies tersebut bisa bertahan hidup. Bahkan, saat es laut mundur lebih jauh ke utara pada setiap tahun.

"Kelompok beruang kecil yang berbeda secara genetik ini dapat menjelaskan bagaimana beruang kutub sebagai spesies bisa bertahan di kutub utara yang bebas es,: kata ahli ekologi hewan di Universitas Washington di Seattle.



Simak Video "Polar Bear, Si Beruang Kutub Yang Senang Diajak Selfie di Masahiyama Zoo Hokkaido Jepang "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA