Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 19 Jun 2022 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Israel dan Mesir Makin Mesra, Mulai 3 Juli Buka Perbatasan Baru

Pawai Bendera Israel digelar di Yerusalem, Minggu (29/5). Pawai itu merupakan bagian dari peringatan tahunan yang menandai pendudukan timur Yerusalem pada 1967.
Foto: Ilustrasi Israel (Reuters)
Taba -

Hubungan antara Israel dan Mesir makin mesra. Yang terbaru, Israel dan Mesir akan membuka perbatasan Taba mulai 3 Juli mendatang.

Hubungan antar kedua negara, Israel dan Mesir makin mesra saja. Kedua negara sepakat untuk membuka pintu perbatasan baru di yang berada di kota Taba.

Menteri Transportasi Israel, Merav Michaeli mengatakan, perbatasan tersebut akan buka 24 jam setiap harinya.

"Pembukaan penyeberangan diharapkan dapat mengurangi kepadatan, memperkuat hubungan dengan tetangga dan sekutu kami (Mesir) dan memungkinkan wisatawan untuk masuk," ujar Michaeli, seperti dikutip detikTravel dari Anadolu Agency, Minggu (19/6/2022).

Pembukaan penyeberangan Taba itu bisa terjadi karena permintaan Pemimpin Partai Arab Bersatu, Mansour Abbas. Tujuannya untuk memfasilitasi pergerakan wisatawan dari warga Arab di Israel selama libur Idul Adha, dan mengurangi kepadatan di terminal.

Pada tahun 2019, sekitar setengah juta orang Israel menyeberangi penyeberangan Taba ke Semenanjung Sinai Mesir. Jumlah tersebut meningkat 30 persen dari tahun sebelumnya.

Mesir dan Israel sendiri memiliki perjanjian damai sejak tahun 1979, setelah mereka berperang beberapa kali.

Sebelumnya, sorang pejabat senior Hamas mengatakan Mesir telah berjanji memberikan lebih banyak dukungan kepada Jalur Gaza yang terkepung dan miskin. Pejabat Gaza, Issam al-Daalis, mengatakan, Mesir berjanji untuk mempercepat pelaksanaan proyek perumahan di Jalur Gaza.

Selain itu, pihak berwenang Mesir akan memberikan obat-obatan, peralatan, dan delegasi medis yang berspesialisasi dalam bedah kardiotoraks. Termasuk dokter spesialis lainnya yang dibutuhkan oleh sektor kesehatan Gaza.

Mesir juga berjanji meningkatkan jumlah pelancong dari Gaza melalui penyeberangan Rafah. Sejauh ini sekitar 22 ribu warga Palestina berada dalam daftar tunggu untuk bepergian ke Mesir.



Simak Video "Penampakan Jalur Gaza Usai Diserang Israel dari Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA