Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 19 Jun 2022 23:15 WIB

TRAVEL NEWS

Airlander 10, Pesawat yang Bisa Kurangi Emisi hingga 90 Persen!

Airlander
Foto: Airlander (Hybrid Air Vehicles)
Jakarta -

Salah satu maskapai penerbangan Spanyol, Air Nostrum memesan kapal udara hybrid baru yang dikatakan ramah lingkungan. Namanya Airlander 10.

Dibuat oleh Hybrid Air Vehicles (HAV) yang berbasis di Inggris, pesawat hybrid ini dikatakan bisa mengurangi emisi hingga 90 persen. Diangkat oleh helium dan bertenaga listrik, pesawat bisa menampung hingga 100 penumpang.

Akan tetapi jangan berharap penerbangannya akan melesat cepat. Sebab, kecepatan maksimumnya adalah 129 km/jam.

AirlanderAir Nostrum memesan 10 Airlander 10 Foto: (Hybrid Air Vehicles)

Menurut HAV, di masa depan, rute jarak pendek yang potensial untuk pesawat mencakup Liverpool ke Belfast sejauh 270 km, Seattle ke Vancouver sejauh 204 km dan Oslo ke Stockholm dengan 263 km. Pesawat tidak memerlukan landasan pacu untuk mendarat, bisa di tepi laut, lapangan hijau hingga bandara yang kurang dimanfaatkan.

"Airlander tak memerlukan struktur bandara untuk beroperasi. HAV sedang menjajaki lokasi baru dengan Air Nostrum," kata seorang juru bicara.

Interiornya agak lebih glamor dari pada kabin pesawat biasa dengan konfigurasi 1-2-1, beberapa kursi saling berhadapan. Sementara itu, dinding transparan memberikan pemandangan pedesaan yang ada di bawah. Maksimum, pesawat akan terbang setinggi 20.000 kaki.

"Airlander akan secara drastis mengurangi emisi dan untuk alasan itu, kami membuat perjanjian ini dengan HAV," kata Presiden Air Nostrum, Carlos Bertomeu seperti dilansir dari CNN.

AirlanderAirlander Foto: (Hybrid Air Vehicles)

"Ketika negara-negara seperti Prancis, Denmark, Norwegia, Spanyol, dan Inggris mulai menerapkan mandat ambisius untuk dekarbonasi penerbangan domestik dan jarak pendek, Hybrid Air Vehicles dan Air Nostrum Group menunjukkan bagaimana kita bisa sampai ke sana dan ke sana secepatnya," tambah CEO HAV, Tom Grundy.

Menurutnya, Airlander dirancang untuk memberi masa depan yang lebih baik untuk layanan penerbangan berkelanjutan. Hal ini memungkinkan jaringan transportasi baru dan menyediakan opsi pertumbuhan yang cepat bagi pelanggan.

Air Nostrum sudah memesan 10 pesawat Airlander 10. Pengirimannya dijadwalkan pada tahun 2026. Sementara HAV akan mulai membangun armada tersebut pada tahun ini yang menciptakan 1.800 pekerjaan di Yorkshire, Inggris.



Simak Video "Pemerintah Restui Rencana Kenaikan Harga Tiket Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA