Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 22 Jun 2022 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Dulu Wisata Wendit Jaya, Semua Berubah Sejak Dieksploitasi PDAM Malang

Putu Intan
detikTravel
Taman Wisata Air Wendit di Malang
Taman Wisata Air Wendit. Foto: Putu Intan/detikcom

Akan tetapi Teguh tak sepenuhnya percaya pada data itu. Menurutnya, dampak di lapangan tak sesuai dengan besaran angka yang diklaim PDAM Malang.

"Pada titik-titik rumah pompa penyedotan air tidak pernah ada data verifikasi resmi dengan pelibatan masyarakat dalam mengukur keluaran debit dengan alat yang valid," dia menjelaskan.

"Kenyataan di lapangan, eksploitasi yang dilakukan begitu masif dan sporadis, melebihi kemampuan daya dukung kawasan. Ini menyebabkan kehancuran ekosistem, tradisi dan kearifan lokal, banyak sumur warga yang mengering, dan mematikan pencaharian," ujarnya.

Warga Mangliawan menolak eksploitasi air di WenditWarga Mangliawan menolak eksploitasi air di Wendit. Foto: dok. Teguh Priejatmono

Tak sampai di situ, pada 2019, PDAM Kabupaten Malang juga ikut-ikutan mengambil air dari Wendit. Teguh bersama masyarakat Desa Mangliawan pernah menghadang proyek itu.

"Sejak 2019 itu justru semakin hancur. Sejak PDAM Kabupaten Malang ikut-ikutan ambil air dari kolam besar di dalam Wisata Wendit. Debit air yang diambil 225 liter per detik," ujarnya.

Penyedotan air yang masif ini membuat tinggi air di Wendit turun. Akibatnya wisata perahu saat ini tak dapat beroperasi, juga warga yang menjalankan budidaya ikan mengalami kesulitan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Bakso Malang Campur Urat di Kalibata"
[Gambas:Video 20detik]

(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA