Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 25 Jun 2022 12:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ide dari Jepang: Kulkas Sampah untuk Meredam Bau

Syanti Mustika
detikTravel
Clean Box dari Jepang
Clean Box dari Jepang (dok Nakanishi Kinzoku Kogyo)
Jakarta -

Perusahaan Jepang sedang mengembangkan tempat sampah yang bisa membekukan sampah untuk mengurangi bau. Harganya sekitar Rp 5,3 jutaan. Seperti apa ya?

Diberitakan SoraNews, Sabtu (25/6/2022) perusahaan yang mencetuskan ide ini adalah Nakanishi Kinzoku Kogyo. Produk yang mereka kenalkan bernama Clean Box.

Nakanishi Kinzoku Kogyo memadukan teknologi lemari es dengan tempat sampah hingga menghasilkan produk canggih ini. Tempat sampah ini dapat menjaga bau sampah dengan suhu -11 C dan suhu ini mampu menghentikan perkembangan bakteri penyebab bau.

Ide ini bermula pada tahun 2017 ketika membaca pengalaman netizen yang berdiskusi mengatasi bau sampah di rumah mereka dengan cara memasukkannya ke lemari es. Dan life hack ini tidak sepenuhnya berhasil karena orang tidak ingin memasukkan sampah popok ke dalam kulkas mereka berisi makanan.

Kemudian terbesitlah oleh perusahaan, dari pada memasukan sampah ke dalam kulkas, kenapa tidak teknologi kulkas saja yang kita pindahkan ke tempat sampah? Kemudian mereka pun merilis Clean Box pada tahun 2019 sebanyak 100 buah dan langsung ludes!

Sepertinya peminat dari tempat sampah ini banyak, hingga mereka pada bulan April mereka melakukan kampanye dan menggalang dana hingga terkumpul 40 juta Yen (Rp 4,3 Miliyar). Sekarang Clean Box sudah terlihat di toko-toko peralatan besar di seluruh Jepang.

Penasaran dong berapa sih harga Clean Box? Persatuannya dilabeli Rp 48.180 Yen (sekitar Rp 5,3 juta). Kapasitas tempat sampah canggih ini 20 liter dengan dimensi 69x23x44 cm. Untuk tagihan listriknya sekitar 9 Yen (Rp 985) per harinya.

Clean Box berencana memperlebar pasar produknya ke penjuru dunia dengan langkah awal ke Asia Tenggara. Sepertinya tempat samah ini cocok untuk restoran karena mereka banyak memiliki sampah organik.

Mungkin akan butuh waktu untuk melihat Clean Box di tempat umum karena terbentur dari harga yang tidak murah hingga listrik yang dibutuhkannya.



Simak Video "Jepang Dilanda Banjir Parah, Jembatan Ambruk-Mobil Nyungsep"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA