Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Jun 2022 21:40 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Jamran dan Bopha, 2 Beruang Madu yang Selamat dari Perdagangan Ilegal

Jamran dan Bopha, Dua Beruang Madu yang Diselamatkan dari Perdagangan Ilegal
Foto: Beruang Madu (Perth Zoo)
Jakarta -

Dua beruang madu Kamboja, Jamran dan Bopha selamat dari perdagangan satwa liar ilegal. Kini pemeriksaan kesehatan dilakukan secara rutin.

15 tahun lalu, sebuah organisasi satwa liar, Free the Bears, menyelamatkan dua beruang madu itu dan memindahkan mereka ke kebun binatang Perth, Perth Selatan, Australia. Kini, melalui Facebook, kebun binatang membagikan momen pemeriksaan kesehatan kedua beruang tersebut.

Beruang yang rentan tersebut diburu saat mereka masih kecil. Mereka hidup dalam kondisi yang tidak layak.

Jamran ditemukan terikat di sebuah restoran Kamboja yang membuat kerusakan jangka panjang pada kakinya. Sementara Bopha disimpan sebagau hewan peliharaan keluarga ilegal.

Di rumah sakit kebun binatang, para ahli medis mengawasi kondisi tubuh Jamran dan Bopha, hingga kesehatan gigi dan sendi mereka.

"Beruang datang dari awal yang sulit dan penjaga kami menginvestasikan banyak waktu dalam mengembangkan hubungan dengan mereka untuk memastikan mereka merasa nyaman," kata Koordinator Media dan komunikasi senior Kebun Binatang Perth kepada Fox News.

Free The Bears bekerja sama dengan komunitas lokal dan pemerintah di Asia untuk menyelamatkan beruang madu. Jamran dan Bopha dipindahkan ke kebun binatang pada bulan Februari 2007.

Bertahun-tahun berlalu, di tahun 2022, beruang masih menerima pemeriksaan kesehatan rutin, diet khusus dan juga kegiatan pengayaan. Pada pemeriksaan bulan ini, Jamran dan Bopha sehat dan hanya membutuhkan skala dan poles gigi yang baik untuk menghilangkan beberapa penumpukan kalkulus pada gigi mereka.

"X-ray dan pemeriksaan mobilitas sangat penting bagi Jamran, karena dia menderita beberapa cedera jangka panjang pada cakarnya karena diikat sebelum diselamatkan," kata dokter hewan senior di Rumah Sakit Kebun Binatang Perth, Rebecca Vaughan Higgins dalam sebuah pernyataan.

"Kami ingin terus mengawasi cakarnya untuk memastikan dia tidak mengalami rasa sakit atau masalah mobilitas yang mungkin perlu dirawat," lanjutnya.

Menurut Kebun Binatang Perth, Jamran dan Bopha terlihat sehat untuk usia mereka. Sementara itu, menurut National Geographic beruang madu bisa hidup hingga 25 tahun di alam liar.



Simak Video "Saat Petugas Taman Nasional Turki Selamatkan Anak Beruang Mabuk"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA