Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Jun 2022 19:41 WIB

TRAVEL NEWS

Negeri Seribu Pulau, Usaha Pemerintah Memajukan Pariwisata Kepulauan Seribu

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Kunjungan kerja Sandiaga Uno ke Pulau Kelapa
Sandiaga Uno saat kunjungan kerja ke Pulau Kelapa pada Selasa (28/6/22). (Yasmin Nurfadila/detikTravel)
Jakarta -

Kabupaten Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah administratif di Jakarta. Kabupaten ini memiliki segudang potensi wisata. Terutama di bidang wisata bahari dan sport tourism.

Salah satu pulau yang berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Pulau Kelapa baru saja mendapatkan nominasi 100 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.

Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Pulau Kelapa. Karena Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelapa Tunggal merupakan yang terakhir terbentuk di Kepulauan Seribu yaitu pada tahun 2018.

Pada tahun 2019, barulah kawasan ini ditetapkan sebagai Desa Wisata Pulau Kelapa. Kemudian di tahun 2021, Pulau Kelapa berhasil masuk nominasi 300 besar desa wisata terbaik se-Indonesia. Hanya dalam kurun waktu satu tahun desa wisata ini berhasil naik peringkat dengan cukup drastis.

Pulau Kelapa hanya salah satu desa wisata dan kelurahan yang ada di Kepulauan Seribu. Kepulauan ini memiliki banyak pulau yang terbagi ke dalam 8 kelurahan.

Masih banyak kawasan yang memiliki potensi wisata yang tak kalah menawan. Namun belum dikembangkan dengan optimal.

Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memajukan pariwisata di Kepulauan Seribu adalah dengan memanfaatkan acara-acara yang ada di Kepulauan Seribu.

"Jadi promosi ini kita akan lakukan lebih kencang. Saya tadi dengan Bu Kasudin, Bu Fuji. Sudah mendata ada 6 festival tahun depan. Mudah-mudahan dapat masuk ke dalam Calendar of Event, Kharisma Event Nusantara atau KEN. Itu yang pertama," kata Sandiaga Uno dalam kunjungan kerjanya ke Pulau Kelapa pada Selasa (28/6/22).

Kemenparekraf memiliki program bernama Kharisma Event Nusantara (KEN). Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membangkitkan pariwisata dan event daerah di Indonesia.

Program ini merupakan pengembangan dari Calendar of Event yang biasa diadakan oleh Kemenparekraf atau Baparekraf. KEN merupakan kumpulan acara-acara berkualitas dari 34 provinsi yang telah melalui proses seleksi.

Dikutip dari laman Kemenparekraf, tahun ini KEN menerima sebanyak 319 usulan kegiatan. Usulan ini kemudian akan diseleksi dan dipilih menjadi 10 besar KEN dan 100 kegiatan KEN 2022 dari 34 provinsi.

KEN merupakan sebuah program yang bergengsi. Sehingga diharapkan festival dari Kepulauan Seribu bisa menjadi salah satu acara yang terpilih. Agar publikasi pariwisata Kepulauan Seribu dapat meluas.

Upaya promosi lain yang dilakukan adalah melalui proyek Negeri Seribu Pulau. Proyek ini merupakan program yang diprakarsai oleh PT Seribu Pesona Indonesia.

Pada rapat internal tanggal 25 April 2022, proyek Negeri Seribu Pulau resmi ditetapkan sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Surat sekretaris kabinet tentang arahan presiden pada rapat internal 25 April 2022 menetapkan bahwa Negeri Seribu Pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu menjadi PSN, yaitu Proyek Strategis Nasional," kata Sandiaga.

Status baru ini membuat Kemenparekraf dan pemerintah terkait dapat mengintervensi dana alokasi khusus (DAK) di bidang pariwisata untuk tahun anggaran 2023. Dengan keuntungan ini, diharapkan Kepulauan Seribu dapat mendapatkan bantuan dana untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada.

"Kami harapkan (proyek) ini segera tercipta karena ada 127 triliun rupiah akan diinvestasikan untuk mengembangkan pariwisata," sambung Sandi.



Simak Video "Menikmati Hasil Sebagai Algojo Ikan di Pasar Pelelangan, Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA