Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Jun 2022 15:03 WIB

TRAVEL NEWS

Alternatif Wisata ke Puncak Nih, Pulau Kelapa, Cuma 1,5 Jam dari Ancol

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Pulau Kelapa Kepulauan Seribu
Pulau Kelapa Kepulauan Seribu (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta -

Pulau Kelapa merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pulau ini terdiri dari 36 pulau, dengan 2 pulau berpenghuni dan sisanya tidak.

Kelurahan Pulau Kelapa tidak hanya menawarkan wisata bahari dan sport tourism. Namun ada pula wisata kuliner dan budaya dari masyarakat setempat. Serta wisata religi yang dapat ditemukan di Pulau Panjang.

Pulau Kelapa dapat ditempuh kurang lebih satu setengah jam dari Ancol. Membuatnya sangat dekat dan mudah untuk dijangkau. Sehingga dapat menjadi salah satu pilihan berwisata bagi warga sekitar Jakarta.

"Karena kalau kita lihat ke Puncak itu bisa berbelas jam. Sementara ke sini kita cuma satu jam setengah tapi kita sudah dimanjakan dengan banyak sekali potensi pariwisata dari wisata bahari maupun juga kulinernya," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Desa wisata Pulau Kelapa baru saja masuk ke dalam nominasi 100 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Pulau Kelapa.

Karena kawasan ini baru resmi ditetapkan menjadi desa wisata pada tahun 2019. Pada tahun 2021 desa wisata ini masuk ke dalam nominasi 300 besar desa wisata terbaik se-Indonesia.

Hanya dalam kurun waktu satu tahun, Pulau Kelapa melesat ke nominasi 100 besar.

"Tahun 2021, kami alhamdulillah menjuarai dengan nominasi 300 besar (dari) 1.837 desa wisata se-Indonesia. Luar biasa itu pencapaian baru kita. Saat itu kami baru menjajaki. Baru sama-sama dengan Bang Rusli mengikuti dan berpartisipasi dalam anugerah desa wisata. Tahun 2022 ini kami alhamdulillah jauh targetnya sampai nominasi 100 besar," kata Ketua Desa Wisata Kelapa Tunggal Safaatul Anam saat menyambut kedatangan Sandiaga Uno beberapa hari lalu.

Selain itu, Pulau Kelapa juga sudah masuk ke dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KPSN). Pulau ini akan mendapat perhatian khusus untuk pengembangan sumber daya manusia dan pariwisata.

"Pulau Kelapa, menjadi salah satu destinasi terbaik di Kepulauan Seribu yang masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Kami bersama pemerintah daerah tugasnya untuk hadir menyetarakan pembangunan SDM dan menyejahterakan masyarakat yang di Kepulauan Seribu, agar sama seperti kelurahan lainnya yang ada di DKI Jakarta," kata Sandiaga Uno.

Dengan penetapan KSPN ini, masyarakat dan pemerintah setempat Pulau Kelapa semakin bersemangat untuk mengembangkan wilayahnya. Ada banyak rencana yang sudah dibuat. Beberapa fasilitas penunjang pariwisata bahkan sudah mulai dibangun.

"Beberapa ikon yang akan kita tampilkan untuk pencapaian itu salah satunya ada landmark Pulau Kelapa. Selanjutnya ada wisata religi, selanjutnya ada beberapa fasilitas wisata lainnya yang akan ditambahkan untuk persiapan ke depan," sambung Safaatul Anam.

Hingga saat ini, Pulau Kelapa sudah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang pariwisata. Mulai dari homestay milik masyarakat hingga resor, kemudian toilet wisata, serta kawasan wisata yang sudah tersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability).



Simak Video "Aksinya Ditegur Sandiaga Uno, Apa Kata Aliansi Labuan Bajo?"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA