Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Jul 2022 10:16 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Sektor Parekraf Sedot Pekerja 6 Kali Lebih Banyak dari Sektor Lain

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Kunjungan kerja Sandiaga Uno ke Pulau Kelapa
Wisata di Kepulauan Seribu. (Yasmin Nurfadila/detikTravel)
Jakarta -

Tahun 2022 menjadi tahun kebangkitan pariwisata. Berbagai kebijakan pembatasan bepergian juga sudah dilonggarkan seiring mulai membaiknya kondisi pandemi. Masyarakat kini sudah semakin leluasa untuk beraktivitas di luar rumah.

Perubahan kondisi membuat tahun ini menjadi tahun yang tepat untuk berbenah diri. Potensi-potensi wisata yang sebelumnya tertutup pandemi, bisa dibuka lagi.

Salah satu destinasi yang mengembangkan diri selama pandemi adalah Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu. Pulau ini baru saja dinobatkan masuk ke dalam nominasi 100 besar desa wisata terbaik Indonesia.

Meski sudah mengalami perkembangan. Namun potensi wisata di pulau ini dan di Kepulauan Seribu masih sangat banyak.

Salah satu upaya pemerintah untuk memajukan wisata di Kepulauan Seribu adalah melalui proyek Negeri Seribu Pulau. Pada tanggal 25 April 2022, proyek ini resmi masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional.

Membuat Kepulauan Seribu memiliki keleluasaan untuk mengatur dana alokasi khusus di bidang pariwisata. Serta mendapat dana investasi yang cukup besar untuk pengembangan pariwisata dari pemerintah.

Memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu fokus pemerintah. Terutama bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Karena sektor ini dapat membantu perekonomian.

Kepulauan Seribu sebagai salah satu wilayah dengan segudang potensi wisata saat ini masih mengandalkan perikanan. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Kepulauan Seribu tidak bisa lagi hanya mengandalkan perikanan sebagai pemutar roda ekonomi.

Perlu pengembangan serius di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Karena sektor ini dapat membuka banyak lapangan kerja. Bahkan bisa enam kali lipat lebih banyak dibanding sektor lain.

"Saya pernah tugas di DKI Jakarta, sangat sulit untuk mengatasi isu pendidikan, kesehatan, maupun lapangan kerja kalau kita masih mengandalkan dari segi perikanan. Kita harus mendorong pariwisata dan ekonomi kreatif yang bisa menciptakan enam kali lipat lapangan kerja. Lebih banyak dan lebih cepat. Oleh karena itu kami sangat mendukung program negeri seribu pulau. Ini yang sedang kita dorong. Mudah-mudahan ini bisa segera terwujud," kata Sandiaga Uno.

Dalam kunjungannya ke Pulau Kelapa, Sandi ingin memastikan ada program-program pengembangan wisata yang dibuat. Ia juga memberikan arahan mengenai pengelolaan pariwisata di Pulau Kelapa.

"Hari ini kita hadir di sini karena kita ingin pengelolaan sumber daya pariwisata ini dikembangkan. Karena ini cara terbaik untuk menciptakan lapangan kerja. Investasi di pariwisata dan ekonomi kreatif dapat 6 kali lipat dalam penciptaan lapangan kerja," tutur Sandi.

Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang terdampak dengan hebat akibat pandemi. Banyak masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya.

Oleh karena itu, tahun ini Kemenparekraf sedang gencar melakukan pengembangan di berbagai daerah di Indonesia. Kemenparekraf menargetkan dapat tercipta 1,1 juta lapangan kerja baru di 2022.

"Terutama juga ini adalah pulau terpadat di Kepulauan Seribu. Kita harapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena kita harus ciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini. Salah satunya adalah dengan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif. Menuju 2024 kita akan ciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru berkualitas," lanjut Sandi.



Simak Video "Sandiaga Cukur Gundul: Nggak Ada Lagi Rambut Putih yang Mukanya Berkerut"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA