Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 02 Jul 2022 13:00 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Fenomena Embun Beku, Dieng Dipadati Wisatawan Sejak Pagi Buta

Uje Hartono
detikTravel
Wisatawan ramai di Candi Arjuna Dieng, Sabtu (2/7/2022).
Wisatawan ramai di Candi Arjuna Dieng, Sabtu (2/7/2022) (Foto: Uje Hartono/detikJateng)
Jakarta -

Munculnya embun es di dataran tinggi Dieng menjadi magnet bagi wisatawan. Meski kemunculannya tidak setiap hari, namun wisatawan sudah mengunjungi lapangan kompleks Candi Arjuna sejak pagi buta untuk melihat fenomena alam tersebut.

Seperti halnya pagi ini. Wisatawan dari berbagai daerah berdatangan ke lapangan di sekitar kompleks Candi Arjuna, di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Sebab, embun di lokasi ini paling sering membeku saat suhu udara turun.

Embun es atau bun upas ini memang tidak bisa diprediksi. Pagi ini misalnya, suhu udara di Dieng tercatat hanya 5 derajat celsius. Sehingga embun tidak sampai membeku.

"Pagi ini embun tidak membeku. Suhu tadi pagi sekitar 5 derajat Celsius. Bagi wisatawan yang masih kurang beruntung, tidak apa masih banyak wisata yang bisa dikunjungi di Dieng," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Wisata Dieng, Sri Utami saat dihubungi detikJateng, Sabtu (2/7/2022).

Suhu udara di Dieng pagi ini turun hingga minus 1 derajat Celsius, Kamis (30/6/2022).Suhu udara di Dieng pagi ini turun hingga minus 1 derajat Celsius, Kamis (30/6/2022). Foto: Uje Hartono/detikJateng

Sementara itu, wisatawan asal Jakarta, Coki, mengaku tidak kapok meski belum kesampaian melihat embun es di Dieng. Ia akan mencoba hari berikutnya.

"Kalau kapok tidak, malah tambah semakin penasaran. Besok kan masih di Dieng, jadi pagi hari mau ke sini lagi," ujarnya ditemui di kompleks Candi Arjuna.

Ia sengaja datang ke Dieng untuk berlibur bersama keluarganya. Sekaligus untuk melihat fenomena embun es saat musim kemarau di Dieng.

"Sekarang kan musim liburan sekolah, jadi ke sini sama anak istri. Kebetulan ada fenomena embun es dan belum pernah melihat sebelumnya. Jadi penasaran," ucapnya.


---

Artikel ini telah tayang di detikJateng.



Simak Video "Panorama Indah Dataran Tinggi Dieng Wonosobo"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA