Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 03 Jul 2022 18:20 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Makam Sisingamangaraja XII Dibongkar Orang, 11 Pelaku Diamankan

Goklas Wisely
detikTravel
Tanah dari sekitar areal makam Sisingamangaraja XII.
Foto: Makam Sisingamangaraja XII (dok. Istimewa)
humbang Hasundutan -

Viral makam Raja Sisingamangaraja XII dibongkar orang. 11 Pelaku diamankan polisi. Mereka kedapatan mengambil tanah di sekitar makam tersebut.

Warga Dusun Ambalo, Desa Sion Sibulbulon, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dihebohkan dengan peristiwa dibongkarnya makam Raja Sisingamangaraja XII. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

"Jadi warga Dusun Ambalo awalnya menyetop mobil L300 yang membawa muatan dua buah peti kecil yang di dalamnya ada kain putih berisi tanah," kata Kepala Desa Sion Sibulbulon, Jumrin Nahampun kepada detikSumut, Sabtu (2/7/2022).

Dia menyebutkan, di dalam minibus itu, selain ada dua peti berisi tanah dalam kain putih, juga ditumpangi 11 orang. Mereka baru saja menggali tanah di sekitar makam Sisingamangaraja XII.

Sekelompok orang tersebut berasal dari sejumlah daerah, mulai dari Lampung, Pekanbaru, Bekasi, Palembang, Kabupaten Toba dan Humbahas. Mereka semua masih dalam satu garis keturunan.

Warga awalnya curiga, sekelompok orang tersebut telah membongkar makam Sisingamangaraja XII. Mereka langsung menghubungi kepala desa untuk mengecek makam Raja Batak itu.

"Di dalam mobil itu ada berisi 11 orang dan baru saja dari areal makam Sisingamangaraja XII. Lalu warga menghubungi dan saya langsung datang ke lokasi," tambahnya.

Dia pun menjelaskan sewaktu ke lokasi sempat mengecek makam Sisingamangaraja XII, ternyata rombongan tersebut mengambil tanah di bawah bambu dekat makam namun di luar areal makam Sisingamangaraja XII Makam pemimpin warga Batak itu masih aman.

"Alasan mereka datang karena neneknya (yang sudah meninggal) datang ke mimpi dan membisikkan ada bagian tubuhnya di Desa Sion Sibulbulon. Nenek mereka kemudian yang menuntun sampai ke lokasi tersebut," ucapnya.

Jumrin menjelaskan warga marah kepada rombongan tersebut karena tidak izin terlebih dahulu kepada pengetua atau tetua adat atau pihak terkait saat ingin ke makam Sisingamangaraja XII.

"Kata mereka tanah itu mau dibawa ke Desa Matiti," ujarnya.

Setelah itu, dia pun menghubungi polisi untuk mengamankan 11 orang tersebut agar tidak memicu kemarahan warga sekitar. Mereka semua kemudian dibawa ke Polsek Parlilitan.

"Hari ini sempat ada mediasi yang dilakukan dan hasilnya tanah tersebut dikembalikan lagi ke tempat semula. Dan kalau memang rombongan itu merasa ada jejak sejarah neneknya di situ, alangkah lebih baik dibicarakan dahulu ke pengetua adat dan pihak terkait lainnya. Sebelas orang itu juga dilepas," tutupnya.


----


Artikel ini sudah naik di detiksumut dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Ada Jenazah Covid-19 Masih Utuh di Pembongkaran Makam Proyek KLBM"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA