Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Jul 2022 12:42 WIB

TRAVEL NEWS

Indonesia Tancap Gas Kerja Sama Wisata dengan ASEAN Plus Three

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Pertemuan The 41st ASEAN Plus Three National Tourism Organizations (NTOs) yang diadakan secara virtual.
Pertemuan The 41st ASEAN Plus Three National Tourism Organizations (NTOs) secara virtual. (Dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Kemenparekraf terus berupaya untuk meningkatkan geliat pariwisata Indonesia. Salah satunya, dengan mengencangkan kerja sama dengan berbagai negara.

Pada Rabu (06/07/2022) Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sesmenparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani memimpin pertemuan The 41st ASEAN Plus Three National Tourism Organizations (NTOs) yang digelar secara virtual.

Dalam pertemuan ini, ia menyampaikan pentingnya melanjutkan kerja sama antar negara ASEAN Plus Three (APT). Termasuk, kerja sama dalam sektor pariwisata.

ASEAN Plus Three merupakan hubungan kerja sama antara negara-negara ASEAN, China, Jepang, dan Korea. Kerja sama ini terbentuk sejak tahun 1997.

"Kami berharap bisa melakukan kolaborasi yang lebih kooperatif yang akan bermanfaat bagi masyarakat ASEAN serta Jepang, China, dan Korea," kata Sesmenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani.

Kerja sama dengan APT ini menjadi penting di bidang pariwisata. Karena, China, Jepang, dan Korea merupakan salah satu penyumbang wisatawan terbanyak.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) kunjungan wisatawan dari China, Jepang, dan Korea ke Indonesia cukup signifikan. Kunjungan wisatawan dari China selama periode Januari hingga April 2022 berjumlah 15.202 kunjungan.

"Kami terus memperkuat kerja sama pariwisata, saat ini kami melaksanakan kegiatan kolaborasi dengan Online Travel Agent (OTA) seperti Trip.com dan Tuniu. Kami juga memiliki rencana untuk melakukan Familiarization Trip dengan media dari China pada September 2022 di Labuan Bajo dan Bali," kata Sesmenparekraf.

Selain itu, Kemenparekraf juga berupaya memperkuat kerja sama melalui beberapa hal lain. Di antaranya yaitu dengan memperkenalkan produk wisata, membuat beberapa kegiatan bersama, serta mempertahankan rute penerbangan China-Indonesia.

Tidak hanya dengan China, Indonesia juga telah bekerja sama dengan Jepang. Dengan menyelenggarakan Familiarization Trip bersama media dari Jepang pada Februari 2022 di Bali.

Pada bulan yang sama, Indonesia bersama ASEAN-Japan Centre (AJC) juga menjalin kerja sama dalam meningkatkan kapasitas pengembang game. Hal ini dilakukan melalui seminar dan Showcasing: the Rise of the Video Game Industry yang diselenggarakan secara hybrid di Bandung.

"Dalam waktu dekat kami juga memiliki rencana untuk berpartisipasi dalam Tourism Expo Japan pada September 2022 di Tokyo," kata Sesmenparekraf.

Melalui pertemuan ini, Sesmenparekraf berharap hubungan kerja sama Indonesia dengan Korea juga dapat terus meningkat. Berdasarkan data dari BPS, pada periode Januari hingga April 2022 terdapat 6.887 wisatawan asal Republik Korea.

Selain untuk memperkuat kerja sama antar negara ASEAN Plus Three. Pertemuan ini juga dilakukan untuk berbagi informasi mengenai dampak COVID-19 dan cara mengatasinya. Selain itu, membahas mengenai syarat perjalanan.



Simak Video "3 Kota di Indonesia yang Banyak Dikunjungi Dalam 5 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA