Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Jul 2022 16:42 WIB

TRAVEL NEWS

Jelang Idul Adha, Makam Sunan Kudus Dikunjungi Ribuan Peziarah

Dian Utoro Aji
detikTravel
Suasana di kompleks Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus, Kamis (7/7/2022).
Suasana di kompleks Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus, Kamis (7/7/2022). (Dian Utoro Aji/detikJateng)
Kudus -

Salah satu cara masyarakat menyambut Idul Adha adalah dengan berziarah ke makam keluarga dan tokoh-tokoh penting. Makam Sunan Kudus menjadi salah satu makam yang ramai dikunjungi di momen ini.

Peziarah terlihat memadati kawasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus. Yayasan Menara Kudus mencatat dalam sehari makam ini dikunjungi oleh ribuan peziarah.

Makam yang terletak di Jalan Kauman, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus ini terlihat ramai oleh para peziarah. Menurut penuturan Humas Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus Denny Nur Hakim, jumlah peziarah bisa mencapai 2.000 per hari.

Ia juga mengatakan bahwa makam mulai ramai dikunjungi peziarah sejak sepekan menjelang Idul Adha.

"Yang jelas mulai menggeliat daripada bulan yang kemarin, per hari ini bisa 1.000 sampai 2.000, kalau ramai bisa mencapai 3.000 peziarah dalam sehari-hari," kata Denny saat ditemui tim detikJateng di kantornya hari ini (7/7/2022).

Menurutnya, peziarah yang datang berasal dari dalam dan luar Kudus. Salah satu peziarah Kevin (20) mengungkapkan bahwa Ia sengaja datang untuk berziarah. Ia berasal dari Desa Mejobo.

"Sengaja ziarah ke makam Sunan Kudus, ini juga pas libur dan menjelang hari raya Idul Adha. Biasanya juga sering ziarah ke sini," ujar Kevin.

Berdasarkan pantauan tim detikJateng, terlihat peziarah ramai keluar masuk pintu menuju makam Jafar Shodiq. Banyak peziarah yang juga terlihat mengabadikan menara peninggalan Sunan Kudus.

Meski dipadati peziarah, Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus tetap menerapkan protokol kesehatan. Pihak yayasan menyediakan tempat cuci tangan dan menerapkan aturan jaga jarak. Kawasan makam, menara, dan masjid Sunan Kudus juga rutin melakukan penyemprotan.

"Tetap prokes, tetap menyiapkan seperti tetap cuci tangan dan rutin dilakukan penyemprotan di kompleks makam dan menara Sunan Kudus," kata Denny.

Artikel ini sudah tayang di detikJateng. Baca di sini.



Simak Video "Warga Berebut Nasi Berkat Buka Luwur Sunan Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA