Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Jul 2022 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Catat! Dieng Culture Festival Digelar September 2022

Uje Hartono
detikTravel
Dieng Culture Festival (DCF) tahun 2018.
Ilustrasi Dieng Culture Festival (Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Dieng Culture Festival (DCF) kembali digelar tahun ini. Acara ruwat rambut gimbal itu digeber selama tiga hari pada awal September 2022.

"Tahun ini DCF akan kembali digelar. Dari hasil rapat, waktunya itu tanggal 2 sampai 4 September tahun 2022," kata Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Alif Fauzi, dalam perbincangan dengan detikJateng.

Ia menyampaikan DCF 2022 akan digelar dengan format yang sama seperti pada saat sebelum pandemi COVID-19. Misalnya, jika sebelumnya karena pandemi acara sempat berpusat di rumah budaya Dieng, tahun ini akan kembali dipusatkan di kompleks Candi Arjuna.

"Rencananya akan digelar sama seperti DCF sebelum pandemi tahun 2019 lalu. Seperti ruwatan rambut gimbal dua tahun terakhir digelar di rumah budaya, tahun ini rencananya di kompleks Candi Arjuna," dia menambahkan.

Untuk pelaksanaannya, panitia DCF masih memantau perkembangan kondisi kasus COVID-19. Jika kondisi pandemi bisa ditangani, DCF akan digelar normal seperti pada tahun 2019.

"Kalau saat ini akan digelar secara hybrid. Tetapi, kita masih memantau perkembangannya. Kalau kondisinya membaik, DCF akan digelar normal seperti biasa. Tetapi pengunjung tetap prokes dan sudah booster," kata dia.

Alif juga mengatakan gelaran DCF tahun ini mundur ke bulan September. Biasanya, DCF digelar pada pekan pertama Agustus.

"Iya memang biasanya itu bulan Agustus. Karena, bulan Agustus itu masih Suro (penanggalan Jawa) sampai akhir Agustus. Nah setelah September sudah Sapar. Bukannya apa-apa, karena ini juga gelaran budaya jadi harus menghormati budaya. Kalau bulan Suro kan tidak membuat kegiatan," kata dia.



Simak Video "Desa Wisata Dieng Kulon Masuk 50 Besar ADWI 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA