Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Jul 2022 16:11 WIB

TRAVEL NEWS

Penguin Jepang yang Ogah-ogahan Makan 'Ikan Murah'

Syanti Mustika
detikTravel
Akuarium Hakone-en Jepang
Penguin di Akuarium Hakone-en Jepang (dok CNN)
Jakarta -

Kenaikan harga global juga mempengaruhi pangan untuk hewan di akuarium, salah satunya Jepang. Mereka terpaksa memberi penguin dengan ikan murah.

Diberitakan CNN, Jumat (8/7/2022) Akuarium Hakone-en Jepang harus menghadapi goncangan finansial karena inflasi dan kenaikan harga di Jepang. Hal ini sangat berpengaruh kepada perubahan pola makan hewan mereka.

Sebelumnya, akuarium memberi penguin dan berang-berang dengan 'aji' atau horse mackerel yang siap dimakan oleh hewan-hewan tersebut. Yang, bukan rahasia lagi, harganya tidak murah. Tapi, karena adanya kenaikan melanda ekonomi global, harga aji pun naik hingga 30%.

Pengelola akuarium mengaku sejak bulan Mei memangkas biaya dengan beralih ke alternatif lebih murah. Yaitu, menggantinya dengan 'saba' (mackerel)

Namun, sepertinya penguin dan berang-berang tidak terlalu suka dengan menu baru mereka. Ketika pekerja melambaikan ikan, penguin tidak bereaksi. Ketika mendekatkan ikan ke paruhnya, mereka akan langsung menoleh arah lain. Sedangkan berang-berang setelah mengendus ikan, mereka langsung kabur.

Para pekerja akuarium harus memutar otak dengan berkreasi bagaimana supaya hewan ini makan. Salah satu caranya adalah mencampur mackerel dengan 'aji' favorit mereka.

"Idealnya, mereka ingin memiliki aji penuh, tetapi mereka dengan sabar memakan ikan mackerel," kata penjaga akuarium Hiroki Shimamoto.

Akuarium juga mengatakan penguin dan berang-berang memiliki jenis ikan pilihan mereka dan mencoba yang terbaik untuk mengakomodasi kebutuhan mereka.

"Semua hewan di akuarium adalah keluarga dan kami melakukan yang terbaik untuk menjaga mereka tetap sehat," katanya.

"Kami tidak akan pernah memaksa hewan apa pun untuk memakan apa yang tidak mereka inginkan. Kami ingin sebanyak mungkin orang datang dan mengunjungi Hakone dan menikmati hewan kami," kata Shimamoto.

Akuarium juga memangkas biaya dengan mengurangi jumlah pompa sirkulasi dari dua menjadi satu, yang telah mengurangi tagihan listriknya sebesar 40% menjadi 50%. Mereka pun juga berencana untuk menaikkan harga tiket masuk.



Simak Video "Kehidupan Penguin Kaisar Diprediksi Hilang 4 Dekade Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA