Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 09 Jul 2022 18:12 WIB

TRAVEL NEWS

Wah, Penumpang Bandara di Belgia Hampir Samai Jumlah Sebelum Pandemi

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Bandara terbaik dunia
Ilustrasi bandara. (iStock)
Antwerpen -

Pada kuartal kedua 2022, Bandara Antwerpen menerima 81.705 penumpang. Jumlah ini hampir menyamai jumlah penumpang sebelum masa pandemi.

Tahun 2022 menjadi tahun kebangkitan pariwisata. Vaksin tersebar merata, penyebaran virus Covid-19 tak lagi seganas sebelumnya.

Banyak negara yang sudah menghapus larangan bepergian. Beberapa bahkan tidak lagi mensyaratkan karantina dan rapid test.

Geliat kebangkitannya terlihat di kuartal kedua tahun 2022. Selain karena sudah dibukanya banyak border, periode libur musim panas sudah dimulai pada kuartal ini.

Dilansir dari International Airport Review, pada kuartal kedua ini setidaknya ada 81.705 penumpang yang melakukan perjalanan melalui Bandara Antwerpen Belgia. Jumlah ini merupakan 97,5 persen dari jumlah penumpang yang menggunakan Bandara Antwerpen pada kuartal kedua tahun 2019.

Hal ini berarti pergerakan perjalanan udara di Antwerpen sudah hampir menyamai level sebelum pandemi. Perjalanan bisnis dan penerbangan pribadi di bandara ini pun berkembang pesat. Sektor bisnis bahkan melebihi angka di tahun 2019 sebesar 10 persen.

Jumlah penumpang perjalanan udara yang melalui Antwerpen sudah mulai banyak sejak kuartal pertama. Tren peningkatan ini ternyata berlanjut di kuartal kedua atau pada bulan April, Mei, dan Juni.

"Jumlah besar yang didapat kuartal pertama juga berlanjut di bulan April, Mei, dan Juni. Pada kuartal ini kami menerima hanya 2,5% lebih sedikit dari kuartal kedua di 2019, sebelum masa pandemi," kata CEO Bandara Antwerpen Eric Dumas.

Pada kuartal kedua tahun 2019, terdapat sebanyak 83.773 penumpang. Hanya berbeda sedikti dengan jumlah yang didapat di tahun 2022.

Pada tahun 2022 jumlah penumpang di Bandara Antwerpen selalu mengalami kenaikan setiap bulannya. Sejauh ini, bulan Juni menjadi bulan terbaik sejak pandemi melanda. Terdapat lebih dari 30.000 penumpang yang menggunakan Bandara Antwerpen.

Eric juga menambahkan bahwa mereka berharap akan ada lebih banyak penumpang di bulan Juli dan Agustus.

"Untuk pertama kalinya, terdapat lebih dari 30.000 penumpang yang melakukan perjalanan melalui bandara kami pada Juni 2022. Pelanggan kami jelas sedang dalam mood untuk bepergian lagi. Juga di bulan Juli dan Agustus 2022, kami mengharapkan ada lebih dari 30.000 penumpang setiap bulannya," kata Eric.

Secara keseluruhan, Bandara Antwerpen telah menerima sebanyak 126.496 penumpang dalam setengah tahun ini. Angka ini 224 persen lebih banyak dari tahun 2021. Jika dibandingkan tahun 2019, jumlahnya hanya sedikit lebih kecil, selisihnya kurang dari 4 persen.



Simak Video "Ini Deretan Bandara di Indonesia yang Mati Suri"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA