Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 09 Jul 2022 18:43 WIB

TRAVEL NEWS

Legokjawa di Pangandaran, Pantai Indah dengan Ombak Besar

Suasana Pantai Legokjawa yang jadi lokasi 9 santri terseret ombak
Pantai Legokjawa di Pangandaran (Aldi Nur Fadillah/detikJabar)
Pangandaran -

Para pelancong di Pantai Legokjawa, Pangandaran. Kecuali hanya bermain pasir yang harus berjarak jauh karena bahayanya gelombang ombak yang besar.

Suasana sunrise terbitnya matahari hingga sunset saat matahari terbenam bisa disaksikan langsung. Keindahan pantai Legokjawa memang tak kalah indah dari pantai lainnya di Pangandaran. Pantai ini memiliki spot batu karang di bagian utara yang eksotis.

Tak ada semenanjung atau teluk seperti Pantai Barat Pangandaran. Sehingga, Pantai Legokjawa berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Maka tak heran jika gelombang besar di pantai ini cukup besar.

Secara geografis Pantai Legokjawa terletak di Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Diapit di antara Desa Ciparanti dan Desa Masawah.

Jarak yang ditempuh dari Bunderan Marlin Pangandaran sejauh 1 jam 13 menit atau setara 40,0 km perjalanan melalui Jalan Raya Cijulang-Pangandaran.

Untuk sampai di sana sangat direkomendasikan menggunakan kendaraan pribadi. Karena kendaraan umum melalui jalur darat hanya sampai terminal Cijulang.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Legokjawa adalah makan bersama, sekedar menikmati keindahan dan berswafoto.

Tak sedikit calon pengantin yang memanfaatkan spot pantai dengan latar belakang Samudera Hindia. Jika beruntung, bisa melihat kapal besar melintas karena merupakan jalan raya bagi para pencari ikan dengan kapal berukuran besar mirip kapal Viking.

Selanjutnya spot yang bisa menjadikan swafoto Pantai Legokjawa di Pacuan Kuda. Lokasi tersebut menjadi tempat favorit calon pengantin dan wisatawan untuk mengabadikan momen.

Paling indah jika datang ke sana di waktu sore panorama senja. Burung-burung berterbangan bakalan mewarnai keindahan langit Pantai Legokjawa.

Kemudian, ke sebelah utaranya lagi ada Mercusuar, pelancong bisa minta izin ke petugas mercusuar untuk melakukan foto di atas gedung dengan panorama sepanjang Pantai Pangandaran sampai ke Pantai Ciparanti.

Jika dilihat, memang relief topografi Pantai Legokjawa ini memiliki pantai yang datar dan agak turun memanjang. Begitupun tepian pantai yang memanjang sejajar dengan bukit-bukit di bagian utara.

Keindahannya lengkap dengan tumbuhan vegetasi serta pepohonan rindang yang membentang sepanjang pantai.

Nelayan setempat di Pantai Legokjawa Uhan (50) menyebutkan hasil tangkapan nelayan yang paling banyak ditemukan diantaranya ikan tongkol dan karoko.

"Semacam jenis ikan-ikan besar yang dikonsumsi untuk di restoran dan rumah makan. Dan, ikan berukuran sedang lainnya yang dijual di pasaran seperti bagad, cemot dan belo," kata dia.



Simak Video "Akses Diperketat! Wisatawan Pangandaran Wajib Tunjukkan Bukti Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA