Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 11 Jul 2022 16:19 WIB

TRAVEL NEWS

Alhamdulillah, Jemaah Haji Boleh Bawa Pulang Air Zamzam

bonauli
detikTravel
Air Zamzam di Masjid Nabawi
Air Zamzam (Getty Images/Mawardibahar)
Jeddah -

Kabar bahagia untuk jemaah haji tahun ini. Air zamzam kembali diperbolehkan untuk dibawa pulang oleh jemaah haji internasional.

Kebijakan itu diungkapkan oleh Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) Jeddah, seperti dikutip dari Saudi Gazzete. KAIA mencatat bahwa jemaah hanya diperbolehkan membeli satu botol air Zamzam lima liter.

Pembelian bisa dilakukan disalah satu titik penjualan di lokasi bandara. Otoritas bandara telah mengklarifikasi bahwa mereka telah mengalokasikan jalur terpisah untuk air Zamzam.

Namun, jemaah tidak diperbolehkan membawa Zamzam di dalam bagasi, ya.

Air Zamzam merupakan air suci yang hanya bisa ditemukan di Makkah. Selama 10 hari Ramadan, sebanyak 8 juta liter Air Zamzam telah dibagikan kepada para jamaah atau pengunjung.

Delapan juta liter tersebut didistribusikan dalam tiga juta botol sekali pakai. Ais Zamzam juga dibagikan melalui 25.000 kontainer yang tersebar di sekitar masjid, 250 tas punggung yang dibawa oleh karyawan, 58 gerobak pintar dengan kapasitas masing-masing 80 liter, dan 33 gerobak khusus yang masing-masing menampung 100 botol.

Lebih dari 100 pekerja dikerahkan ke berbagai pintu masuk masjid, yang 100 di antaranya digunakan saat ini untuk menyambut pengunjung. Mereka juga mengarahkan jemaah, mengatur arus massa, dan mendukung personel keamanan dalam mengarahkan orang dari satu bagian ke bagian lain ketika berdoa.

Masjidil Haram juga telah dibersihkan 100 kali pada sepertiga pertama Ramadan oleh 4.000 karyawan. Setiap kali dibersihkan, digunakan 1.300.000 liter desinfektan dan 25.000 liter wewangian.



Simak Video "Sederat Fakta Ilmiah Air Zamzam "
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA